Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

PHK Masal Menimpa Huobi Global, Bonus Tahunan Batal!

Huobi Global akan bergabung dengan tren PHK masal dari perusahaan industri kripto dunia.

PHK masal
PHK Masal Menimpa Huobi Global, Bonus Tahunan Batal!

Dengan keadaan crypto winter berkepanjangan yang dialami seluruh masyarakat dunia, tak bisa dipungkiri tindakan ekstrem harus dilakukan demi menyelamatkan perusahaan. Salah satunya adalah pemecatan karyawan, demi pemangkasan pengeluaran.

Huobi Global yang merupakan bursa kripto terkenal sedunia juga terkena dampak tersebut. Tak ada jalan lain, Huobi Global terpaksa melakukan PHK masal untuk karyawan yang merupakan aset berharga mereka. Tak hanya PHK, bahkan karyawan senior dalam perusahaan akan dipotong gajinya.

Bulan lalu, kabar pemangkasan karyawan Huobi Global akibat tingginya jumlah karyawan, ternyata telah sampai ke telinga masyrakat. Hanya saja Huobi menyanggah pernyataan tersebut. Namun seolah menjilat ludah sendiri, Huobi Global terpaksa melakukannya juga.

Rencana PHK Huobi Global dan Pemangkasan Bonus Tahunan

Berdasarkan laporan dari Twitter resmi reporter khusus kripto asal China pada Jumat (30/12), Huobi Global akan mengurangi jumlah karyawannya dari 1,200 hingga tersisa 600 hingga paling banyak 800 saja. Selain itu, Perusahaan juga tidak akan memberikan bonus tahunan yang biasa didapatkan para karyawan setiap akhir tahun.

Awalnya, Huobi Global berencana mengadakan pesta akhir tahun dengan mengadakan event kampanye akhir tahun yang meriah. Kegiatan ini telah diumumkan sebulan yang lalu, rencananya berisikan acara dan kompetisi yang memberikan kesempatan bagi pengguna untuk memenangkan hadiah dalam mata uang kripto yang telah ditentukan. 

Namun tak diduga, event tersebut harus dibatalkan secara mendadak dan bonus tahunan pun tak diberikan. Huobi mengklarifikasi bahwa hal tersebut dilakukan demi berjuang mempertahankan profitabilitas dan agar perusahaan tetap dapat bertahan ditengah bear market yang intensif ini.

Huobi belum merilis penjelasan resmi mengenai kegiatan kampanye mereka yang dibatalkan. Tindakan tiba-tiba tersebut menimbulkan banyak spekulasi tentang kesehatan perusahaan dan masa depan industri kripto secara luas.

PHK Masal Menimpa Banyak Perusahaan Industri Kripto

Huobi Global dikenal sebagai salah satu industri dan bursa kripto yang paling tua setelah FTX. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 2013 dan berbasis di Singapura, Hong Kong, dan Korea Selatan. Seperti mengikuti jejak FTX, Huobi Global diambang kehancuran.

Perusahaan industri kripto dalam setahun terakhir ini memang sedang mengalami masa paceklik yang sangat menegangkan. PHK masal tak hanya dilakukan satu atau dua perusahaan, tapi sudah banyak sekali perusahaan yang melakukannya, termasuk Coinbase dan Crypto.com

Bahkan hingga akhir tahun, kabar PHK masal tak juga kunjung reda. Platform aset digital Bybit juga mengabarkan bahwa mereka akan memangkas jumlah karyawan yang mereka miliki hingga 30%, karena pengaturan ulang susunan jabatan demi meraih tujuan awal dan memfokuskan kembali upaya pengembangan perusahaan. 

Dengan kondisi tragis seperti ini, pada tahun 2023 diharapkan perusahaan industri kripto memiliki resolusi untuk memulihkan kembali perusahaannya dan para karyawan yang bekerja di industri ini harus berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan resolusi tersebut.

Penulis: Dhika Ulvi
Dilansir dari beberapa sumber: Crypto Potato dan Watcher Guru