Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

Kolibri

Mengenal Kolibri, Aplikasi DeFi Pertama di Tezos

Salah satu kualitas terpenting dalam blockchain adalah desentralisasi. Dalam jaringan terdesentralisasi, tidak ada entitas para pengguna dapat mengakses alamat, membalikkan transaksi, mengubah aturan dan parameter protokol, mengaktifkan akun, dan lain sebagainya.

Pengguna tidak perlu mempercayai pihak ketiga dan dapat mengelola token secara mandiri, sedangkan dalam jaringan terpusat, entitas dapat mengubah aturan main atau lebih buruk.

Salah satu blockchain yang benar-benar terdesentralisasi adalah Tezos. Blockchain ini juga melakukan peningkatan protokol hanya dapat diaktifkan setelah proses voting on-chain yang dapat diikuti oleh setiap pemegang token.

Selain itu, Tezos adalah platform kontrak pintar terdesentralisasi yang memungkinkan pengembang untuk menulis kontrak pintar dalam beberapa bahasa kontrak pintar yang berbeda dan menyebarkan dApps.

Aktivitas pengembang dan pengguna di Tezos telah berkembang pesat. Jumlah penerapan kontrak baru bulanan di jaringan utama meningkat dari 784 di bulan Maret menjadi 4.269 di bulan Agustus.

Jika kita melihat interaksi pengguna dengan kontrak pintar di jaringan utama (panggilan kontrak). Tezos juga melihat 0,5 juta panggilan kontrak pada bulan Maret dan 3,4 juta panggilan kontrak pada bulan Agustus.

Ini menunjukkan pertumbuhan yang sangat besar dalam ekosistem Tezos. Beberapa kali, total transaksi harian Tezos (jadi transaksi dasar + interaksi kontrak pintar) telah mencapai 0,6 juta transaksi per hari, yang sebanding dengan 50% dari volume harian Ethereum. Pertumbuhan terbukti berkelanjutan setiap bulan, selama lebih dari 12 bulan sekarang.

Kolibri, Aplikasi DeFi Pertama di Tezos

Aplikasi DeFi terdesentralisasi pertama di Tezos adalah Kolibri. Kolibri (kUSD) adalah stablecoin algoritmik berbasis Tezos yang didukung oleh XTZ dengan rasio nilai dolar minimum 2:1.

Pengguna dapat mencetak kUSD sendiri di kolibri.finance, dalam bentuk pinjaman terdesentralisasi, yang berarti pengguna akan menyediakan agunan sendiri dan mengunci sejumlah XTZ dalam kontrak cerdas dan mendapatkan kUSD sebagai imbalannya.

Pada saat penulisan 3,7 juta XTZ, senilai 22,8 juta USD terkunci di brankas Kolibri sebagai jaminan, dan total 4,4 juta kUSD dicetak dan beredar.

Pada bulan Mei tahun ini, Kolibri DAO mengumumkan dan pada bulan Juli Kolibri DAO ditayangkan. Sejak saat itu, Kolibri DAO benar-benar terdesentralisasi dan hanya masyarakat yang memiliki kendali atas protokol tersebut. Pada bulan September proposal pertama diterima dan dieksekusi.

Saat ini, proposal kedua dapat dipilih untuk menurunkan biaya stabilitas. Kamu dapat membaca lebih lanjut tentang proposal ini di sini.

Kasus Penggunaan Baru kUSD

  • sexp: Opsi biner tanpa kepercayaan akan diselesaikan dalam kUSD
  • Pertukaran Terdesentralisasi Tambahan, terutama SpicySwap, Plenty Finance dan Flame DEX, di mana pengguna dapat menyediakan likuiditas
  • Platform pinjaman yang akan memberikan pengembalian pinjaman kUSD (Khususnya Tezos.Finance dan Yupana dan Hera).

Hover Labs juga telah menyatakan bahwa mereka mungkin ingin meluncurkan platform pinjaman kUSD.