Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

Kursus Pendidikan Metaverse Dari Universitas Tokyo

Universitas Tokyo mengumumkan bahwa mereka akan mulai menawarkan kursus pendidikan metaverse tahun ini. Pihak Universitas mengatakan langkah tersebut merupakan bagian dari upaya untuk mengatasi masalah kekurangan tenaga ahli yang terampil di bidang inovasi digital di Jepang.

Kursus Pendidikan Metaverse

Universitas Tokyo adalah sebuah institusi pendidikan tinggi yang didirikan pada tahun 1877. Sebenarnya Universitas Tokyo bukanlah lembaga pendidikan pertama yang menawarkan kursus pendidikan metaverse. Sebelumnya pada hari Kamis (7/7), Universitas Surrey di Inggris juga telah mengumumkan rencana untuk memberikan kursus pendidikan di bidang teknologi inovatif seperti blockchain dan metaverse.

Kursus akan ditawarkan kepada siswa mulai dari sekolah menengah awal hingga pelajar dewasa di dunia kerja. Laporan tersebut disampaikan oleh The Asahi Shimbun yang merupakan media berita lokal di Jepang pada hari Sabtu (23/7) kemarin.

Bagi siswa SMP dan SMA, mereka akan mendapatkan pengenalan ruang pada tahap awal pembelajaran. Kemudian, pembelajaran tentang peta jalan potensial untuk mencari pekerjaan di bidang teknik, sains, dan bidang terkait lainnya. Mereka akan menerima konten pembelajaran baik online maupun tatap muka.

Selanjutnya bagi mahasiswa universitas dan bagi mereka yang sudah bekerja, mereka akan mendapatkan kesempatan untuk melatih dan meningkatkan keterampilan. Sebab, pembelajaran dapat diakses melalui kursus online terkait yang berfokus pada kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), teknologi komunikasi generasi berikutnya, dan pendidikan kewirausahaan.

Pejabat Universitas juga menekankan bahwa belajar metaverse dapat dilakukan oleh siapapun.

“Semua orang tanpa memandang usia, jenis kelamin, status sosial, dan wilayah tempat tinggal, dapat belajar tentang teknik dan ilmu informasi.”

Terkait hal tersebut, pihak Universitas menyatakan bahwa program studi metaverse tidak akan disampaikan melalui fakultas khusus yang menawarkan gelar. Namun akan beroperasi di bawah fakultas teknik dan sekolah pascasarjana terkait teknik yang ada di Universitas Tokyo. Siswa yang menyelesaikan kursus akan menerima sertifikat.

Kursus Pendidikan Metaverse Untuk Mahasiswa di Seluruh Asia

Mereka juga menyatakan metaverse-nya akan dapat diakses bahkan oleh mahasiswa dari universitas lain di seluruh Asia. Upaya ini dilakukan untuk mendorong lebih banyak mahasiswa untuk bergabung dengan kursus pendidikan metaverse. Langkah tersebut juga akan menarik lebih banyak perempuan untuk mempelajari program tersebut, agar lebih banyak perempuan yang menguasai bidang teknologi.

Dengan proyek metaverse-nya, Universitas Tokyo berharap dapat menghidupkan sistem pendidikan tanpa batas yang memungkinkan siapa pun tanpa memandang usia, jenis kelamin, status sosial, dan wilayah tempat tinggal mereka untuk belajar tentang teknologi inovatif, teknik, dan ilmu informasi.

Disaat beberapa perusahaan di China dan kawasan Asia lainnya secara aktif mengeksplorasi non-fungible token (NFT) dan metaverse, University of Tokyo bertujuan untuk mendidik mahasiswanya tentang konsep metaverse. Hal ini diharapkan dapat menambah tenaga profesional yang akan membantu Jepang untuk mengimbangi dengan negara lain dalam hal teknologi inovatif.

Penulis: Yossiandre
Dilansir dari beberapa sumber: Asahi Shimbun, Cointelegraph, Crypto News