Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

Hacker Bjorka Terungkap Lewat Transaksi Kripto

Kehebohan Indonesia oleh sosok Hacker Bjorka membuat platform investigasi darkweb melacaknya melalui transaksi kripto.

Dalam beberapa hari ini aksi yang dilakukan Hacker Bjorka telah meresahkan berbagai pihak. Sosok ini mengklaim telah membocorkan sejumlah informasi pelanggan IndiHome, KPU, registrasi SIM prabayar, bahkan dokumen rahasia Presiden Joko Widodo.

Tidak hanya itu, ia juga diketahui telah melakukan doxing pada sejumlah tokoh penting atau pejabat di Indonesia. Meski sosoknya belum diketahui, platform investigasi kriminal darkweb, Darktracer mengungkap salah satu cara melacak Hacker Bjorka, yakni menggunakan mata uang kripto Bitcoin.

“Ini adalah dompet cryptocurrency Bjorka. Ada transaksi di dompet bitcoin-nya. Ini bisa membantu melacaknya,” 

Melalui cuitan akun twitter @darktracer_int yang dibagikan pada Senin (12/9), mengungkap salah satu cara melacak Hacker Bjorka. Selain itu Darktracer juga mengunggah link yang merujuk ke transaksi Bjorka serta tangkapan layar jalur transaksinya. Darktracer juga menjelaskan ke 2 transaksi yang ditemukan yang diduga dilakukan Bjorka. 

Dalam penjelasan @darktracer_int dalam sebuah situs yang diungkapkan memiliki 2 transaksi di Bitcoin. Alamat tersebut menerima total 0,00263008 BTC ($58,52) dan telah mengirim total 0,00263008 BTC ($58,52). Nilai saat ini dari alamat ini adalah 0,000000000 BTC ($0,00). Selain itu terdapat keterangan tanggal transaksi terakhir, yaitu pada Jumat (2/9). Transaksi tersebut menghabiskan fee 0.00018984 BTC atau sekitar US$4,22 (Rp62 ribu).

Pernyataan Baru Hacker Bjorka

Baru-baru ini Hacker Bjorka melalui saluran telegram mengklaim dirinya tidak sendiri. Ia menyebutkan aksi peretasan yang dilakukannya sebagai bentuk dedikasi untuk kawannya yang berkebangsaan Indonesia di Warsawa, Polandia.

Ia menceritakan memiliki seorang teman asal Indonesia di Warsawa yang pernah menceritakan tentang betapa kacaunya Indonesia. Untuk itu, Bjorka menyebut melakukan aksi ini untuknya. Menurutnya, temannya itu adalah kakek tua yang sangat cerdas dan mengurus dirinya sejak lahir.

Bjorka juga meminta agar tidak melacaknya, karena dia dari kementrian luar negeri. Bjorka juga menambahkan tidak diakui sebagai WNI karena kebijakan tahun 1965.

Penulis: ryeosuk22
Dikutip dari Liputan6CNN dan sumber lainya