Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

El Salvador Berencana Menambang BTC Pakai Gunung Berapi

el salvador btc

Presiden dari negara El Salvador bernama Nayib Bukele telah mengumumkan bahwa negara tersebut akan mempertimbangkan untuk menambang BTC menggunakan media gunung berapi, beberapa waktu setelah aset digital menjadi alat pembayaran yang sah di negara tersebut.

El Salvador baru-baru ini menjadi salah satu negara pertama yang menyetujui RUU untuk membuat tender legal bitcoin di negara tersebut.

Langkah yang dipelopori oleh Presiden Bukele pada awal pekan ini akhirnya disahkan hari ini. Pemungutan suara untuk RUU memunculkan mosi diadopsinya keputusan tersebut setelah suara kongres sebanyak 62 memberikan suara mendukung dari total 84 suara.

RUU tersebut tampaknya akan mengesahkan BTC sebagai metode pembayaran, dapat ditransaksikan melalui nilai tukar langsung ke dolar AS. Warga juga akan dapat membayar pajak menggunakan BTC.

Penambangan Secara Berkelanjutan di Masa Mendatang
Menyusul keputusan tersebut, Presiden Bukele tidak membuang waktu untuk menghubungi perusahaan listrik panas bumi milik negara LaGeo. Dalam sebuah tweet, presiden menyatakan bahwa El Salvador berencana memanfaatkan perusahaan “untuk menawarkan fasilitas penambangan Bitcoin dengan energi yang sangat murah, 100% bersih, 100% terbarukan, nol emisi dari gunung berapi kami.” Dia menyimpulkan dengan mengatakan “ini akan berkembang sangat cepat!”

Masalah Penambangan Sebelumnya
Langkah untuk mengambil solusi penambangan BTC berkelanjutan oleh El Salvador terjadi setelah China mengambil langkah-langkah untuk menindak dan menekan penambangan BTC di negaranya. China sebelumnya juga telah mengomentari keinginannya untuk “dengan tegas mencegah pengalihan risiko individu ke masyarakat.”

CEO Tesla Elon Musk juga mengomentari keberlanjutan penambangan BTC. Miliarder tersebut baru-baru ini mengumumkan bahwa Tesla tidak akan lagi menerima pembayaran BTC untuk pesanan kendaraan baru. Alasan terkait dengan dampak lingkungan yang dimiliki penambangan BTC di planet ini.

El Salvador telah menjadi negara pertama yang mengadopsi BTC sebagai alat pembayaran yang sah. Dan juga bisa menjadi negara pertama di dunia yang menawarkan metode unik dan efektif untuk menambang BTC melalui gunung berapi.

Di Indonesia juga sebenarnya menjadi lahan strategis untuk solusi dalam hal ini jika turut mengadopsi cara El Salvador dalam menggunakan teknik alami dalam penambangan BTC, karena Indonesia juga terdapat jalur rangkaian gunung berapi aktif.