Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

TERUPA : Festival di Bali yang Pamerkan Puluhan Karya NFT

Menampilkan sekitar 81 karya Non-Fungible Token (NFT) dalam ekshibisi berkonsep konvensional. Ekshibisi NFT pertama di Bali ini dipamerkan dalam Terupa Festival yang telah terselenggara pada tanggal 5-7 Agustus 2022 di The Ambengan Tenten, Denpasar. Karya – karya NFT yang dipamerkan dalam bentuk fisik, yaitu dicetak pada media kanvas berdimensi 50×50 cm dan tidak untuk diperjualbelikan. Karya tersebut hanya sebagai media pendukung bagi creator dalam memamerkan karyanya. Karya yang dicetak tersebut sudah dilengkapi dengan QR code, jadi apabila pengunjung (pembeli) tertarik untuk membeli, mereka dapat memiliki bentuk NFT-nya melalui kepemilikan token untuk bisa bertransaksi dengan creator.

Terupa Festival ini diselenggarakan dengan tujuan utama  sebagai wadah untuk memperkenalkan karya seni NFT kepada masyarakat serta sebagai sarana edukasi bagi mereka yang tertarik untuk mempelajarinya. Karena sebagaimana diketahui bahwa dunia web3 sudah sangat berkembang pesat, tidak hanya di Indonesia, namun juga di dunia. Terupa Festival ini juga bisa hadir berkat kerja sama antara MAJA labs dan ICCN (Indonesia Creative Cities Network) dan menjadi ekshibisi NFT pertama di Bali yang juga menghadirkan realitas virtual atau virtual reality (VR). Founder dari Terupa Festival, yaitu Kinno Thingker menyampaikan bahwa Terupa Festival merupakan wadah bagi perupa untuk saling bertemu dan berkolaborasi. Selain pameran karya seni NFT, Terupa Festival juga dimeriahkan oleh pertunjukan musik, workshop, food truck dari UMKM Bali, teater, fashion show, seni tari, stand-up comedy dan live mural.

Kinno bercerita, Terupa Festival pada awalnya digagas oleh beberapa orang sebagai bentuk kepedulian terhadap perupa yang karya-karyanya belum mendapatkan tempat. Dengan menggelar sebuah pameran, diharapkan karya-karya seni NFT ini juga bisa menjangkau lebih banyak orang. Lebih jauh, para penyelenggara berharap Terupa Festival bisa kembali digelar di waktu yang akan datang demi membantu para perupa seni NFT menjangkau pasar yang lebih luas.