Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

Raih Penghargaan MURI, Pelajar Indonesia Luncurkan Donasi NFT Bagi Penyandang Disabilitas

Seorang pemuda berusia 16 tahun asal Indonesia yang bernama Rainer W Hardjanto diganjar penghargaan MURI. Rainer sudah sejak tahun lalu tersentuh melihat anak tuna rungu, tuna wicara dan anak dengan kondisi sindroma down. Walaupun dengan keadaan seperti itu mereka selalu berusaha untuk menunjukkan wajah gembira dan tulus.

         Pemuda yang menjadi pendiri dan pionir NFT amal pertama di Indonesia tersebut berawal dari dirinya yang mengunjungi acara untuk memperingati Hari Down Syndrome Dunia tahun 2019. Acara tersebut digelar oleh Yayasan ISDI (Ikatan Sindroma Down indonesia) dan POTADS (Persatuan Orang Tua Anak Dengan Down Syndrome). Kemudian sebagai langkah awal, Rainer menyumbangkan sembilan lukisannya di acara bertema Lelang Amal untuk membangun Training Centre kepada anak-anak down syndrome yang diadakan di Plaza Indonesia. Diketahui untuk membangun Training Centre tersebut, Rainer bersama dengan Kartika Affandi yang merupakan putri pelukis kawakan Indonesia, serta seorang pelukis asal Jerman bernama Rudolf Schmidt.

           Selama pandemi yang berkepanjangan membuat Rainier memikirkan cara yang tepat untuk penggalangan dana yang lebih fantastis dan modern dan juga mengikuti perkembangan jaman sesuai dengan kegemaran Rainier di Computer Science dan Coding, yaitu melalui NFT. Pembeli beramal atau ber-charity sosial dan bisa menjualkan kembali art NFT-nya dengan harga yang lebih tinggi sehingga prinsipnya adalah berbagi dan berinvestasi. Hal inilah yang memunculkan ide Rainier W Hardjanto untuk mendirikan Non Fungible Token (NFT) Amal Indonesia, sebagai wadah untuk menerima kreasi, khususnya para anak berkebutuhan khusus maupun panti asuhan dan memasarkannya melalui kerjasama dengan NFT Artist Indonesia.

 

NFT Charity ini juga didukung oleh kalangan artis seperti Raffi Nagita, Titi Kamal, Erin Taulany, Vega Darwanti, Sinyorita, Selvy Kitty, Gritte Agatha, Sarwendah, Maria Vania, Reisa Brotoasmoro, dan Nindy Ayunda yang membantu posting di akun Instagram pribadi  para artis berupa lukisan wajah cantik mereka hasil karya anak tuna rungu tersebut.