Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

Prediksi : Bagaimana Cryptocurrency di Masa Depan?

Tahun 2021 menjadi tahun terbaik untuk cryptocurrency, namun bagaimana dengan tahun setelahnya?

Pembuatan dan pengelolaan cryptocurrency keduanya menggunakan bentuk enkripsi yang lebih canggih yang dikenal sebagai kriptografi. Pada tahun 2009, pengenalan Bitcoin, mata uang kriptografi terdesentralisasi pertama di dunia, membawa konsep mata uang virtual keluar dari ranah spekulasi teoretis dan masuk ke ranah (virtual) realitas. Setelah empat tahun berjalan dengan mengalami penurunan terlebih dahulu sebesar lebih dari $2 miliar, dan menjadi perdebatan yang panjang mengenai kelangsungan hidup cryptocurrency secara umum dan juga Bitcoin, barulah pada April tahun 2013 Bitcoin mengalami kenaikan yaitu mencapai level tertinggi sebesar $266 dan mulai saat itu investor serta media melirik serta memperhatikan mengenai cryptocurrency dan Bitcoin.

 

Minat dan ketertarikan orang pada crypto berkembang sangat pesat belakangan ini, cryptocurrency atau salah satunya Bitcoin menjadi topik hangat dan banyak dibicarakan bukan saja oleh kalangan investor tetapi juga oleh masyarakat luas. Bitcoin merupakan indicator yang baik di pasar crypto secara umum, karena Bitcoin alah cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar. Dapat diperhatikan bahwa Bitcoin mencapai beberapa harga tertinggi selama setahun terakhir ini pada bulan November mampu melampaui $68.000 yang sebelumnya yaitu sekitar $60.000 pada bulan April dan Oktober, namun diikuti juga dengan penurunan yang cukup signifikan yaitu kurang dari $30.000 pada bulan Juli.

Sumber: FT Wilshire Digital Assets dashboard, CryptoCompare

Pejabat pemerintah AS dan juga administrasi Joe Biden semakin menyatakan minatnya pada peraturan baru terkait dengan cryptocurrency, hal ini didorong oleh Ethereum yang merupakan cryptocurrency terbesar kedua, mencatat rekor baru dan menjadi rekor tertinggi sepanjang masa akhir tahun lalu. Selain itu juga anggota parlemen di Washington D.C. dan di seluruh dunia sedang mencari cara untuk menetapkan undang-undang dan pedoman terkait keamanan cryptocurrency dan “kurang menarik” bagi penjahat di dunia maya.

Dave Abner selaku kepala pengembangan global di salah satu cryptocurrency exchange (Gemini), menyatakan bahwa banyak hal yang terjadi pada tahun 2021 adalah terobosan, maka dari itu perlu adanya fokus dan perhatian yang luar biasa yang harus diberikan kepada industri crypto. Dave Abner juga memberikan pertanyaan sekaligus jawaban mengenai industri crypto : mengapa Bitcoin dapat dengan mudah mengalami kenaikan namun juga disusul dengan penurunan? Sebagian besar alasannya adalah dikarenakan industri crypto adalah industri yang sedang dalam masa pertumbuhan dan terus berkembang. Maka dari itu cukup sulit untuk menganalisis kemana arahnya industri ini dalam jangka panjang, namun dalam beberapa bulan mendatang para ahli mengikuti pattern dari regulasi hingga adopsi institusional pembayaran crypto untuk mencoba dan memahami pasar dengan lebih baik. Diperkirakan bahwa dalam waktu yang tidak terlalu lama investor institusional akan secara signifikan mempengaruhi pasar cryptocurrency.

 

Disamping itu juga muncul perkiraan bahwa cepat atau lambat cryptocurrency akan terdaftar di Nasdaq, yang akan memberikan lebih banyak kredibilitas pada teknologi blockchain dan konsep menggunakannya yaitu untuk menciptakan mata uang alternatif. Sebagian besar kalangan percaya bahwa semua yang diperlukan agar cryptocurrency menjadi arus utama ialah dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) yang sah.

 

1 thought on “Prediksi : Bagaimana Cryptocurrency di Masa Depan?”

  1. ulvyey06

    Untuk saat ini, menurut saya sih kripto mulai awam di seluruh dunia pada tahun ini, tapi dengan kondisi bear market yang sedang terjadi, mungkin perkembangan blockchain agak terhambat.

Comments are closed.