Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

Pertanda Buruk untuk Ethereum 2.0

Kontroversi aset kripto turunan ETH berikut telah menyebabkan malapetaka di market aset digital. Staked ether, atau stETH, adalah token yang seharusnya bernilai sama dengan ether. Setiap token stETH mewakili unit ether yang telah di-staked atau disimpan dalam apa yang disebut beacon chain. Mekanisme di balik ini dikenal sebagai proof of stake, untuk melakukan staking pengguna Ethereum harus setuju untuk mengunci minimal 32 ETH sampai setelah network mengalami upgrade terbarunya, yang dikenal sebagai Ethereum 2.0.

 

Sebuah platform bernama Lido Finance memungkinkan pengguna untuk melakukan staking sejumlah ether dan menerima token derivatif yang disebut stETH, yang dapat di trade atau dipinjamkan di platform lain. Idenya adalah bahwa pemegang stETH dapat menukar token mereka dengan jumlah ether yang setara setelah upgrade selesai.

 

Tetapi selama beberapa minggu terakhir, stETH telah dijual dengan diskon yang membuat krisis likuiditas semakin memburuk di market kripto. Jumat lalu, nilai stETH turun menjadi 0,92 ETH, yang berarti diskon 8% untuk ether. Kapitalisasi market stETH telah turun menjadi $4 miliar dari sekitar $10 miliar yang didorong oleh holders yang meninggalkan platform staking saat harga Ether jatuh. 

 

Celcius, pemberi pinjaman kripto memegang 409.260 token stETH, sebelumnya mengalami kerugian hampir $71 juta dari mempertaruhkan stETH di Stakehound karena Stakehound salah menempatkan kunci. Ketakutannya sekarang adalah jika Celcius harus menjual stETH-nya, yang akan mengakibatkan kerugian besar dan menyebabkan lebih banyak penurunan nilai pada token tersebut. Demikian juga yang dialami Three Arrows Capital, yang sebelumnya merupakan salah satu investor terbesar di blockchain Terra, Menarik hampir $400 juta stETH dan ETH pada bulan Mei.

 

Alasan lain untuk diskon tersebut adalah likuiditas dari ether yang dipertaruhkan. Investor khawatir jika penurunan nilai StETH akan memukul lebih banyak pemain kripto. stETH juga telah menyebabkan kekhawatiran atas keamanan Ethereum. Sekitar sepertiga dari semua ether yang terkunci dalam beacon chain Ethereum dipertaruhkan melalui Lido. Beberapa investor khawatir ini dapat memberi satu user terlalu banyak kendali atas network Ethereum terbaru.