Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

Perang Pemerintah AS dengan Nexo Group

Delapan negara bagian mengumumkan pada hari Senin bahwa mereka akan menindak Nexo Group, perusahaan induk dari pemberi pinjaman kripto Nexo, yang menyebut Earn Interest Product perusahaan yang memungkinkan investor untuk menyetor aset di Nexo dengan imbalan keuntungan setinggi 36% dari simpanan mereka merupakan sekuritas yang tidak terdaftar. Regulator negara bagian di California, Kentucky, New York, Maryland, Oklahoma, South Carolina, Washington, dan Vermont menuduh Nexo menawarkan rekening pendapatan bunga kepada pelanggan tanpa terlebih dahulu mendaftarkannya sebagai sekuritas dan memberikan informasi yang diperlukan. Pada Senin sore, Jaksa Agung Negara Bagian New York Letitia James mengumumkan bahwa negara bagian tersebut menuntut Nexo karena secara tidak benar menyatakan bahwa mereka telah mematuhi peraturan yang berlaku dan persyaratan perizinan.

 

Lisensi dan Registrasi Nexo mengatakan bahwa perusahaan tersebut terdaftar untuk beroperasi di California, Oklahoma, Carolina Selatan, dan Maryland. “Akun bunga kripto ini adalah sekuritas dan tunduk pada perlindungan investor di bawah hukum, termasuk pengungkapan informasi terkait risiko yang memadai,” kata Departemen Perlindungan dan Inovasi Keuangan California (DFPI) dalam siaran pers. DFPI menyebutkan suku bunga Nexo hingga 36% secara signifikan lebih tinggi daripada suku bunga jangka pendek, grade investasi, sekuritas pendapatan tetap atau rekening tabungan bank.

 

Nexo telah membela diri terhadap perintah pemberhentian dengan mengklaim bahwa mereka tidak menawarkan suku bunga yang terlalu tinggi untuk produk-produknya. Dalam sebuah pernyataan, perusahaan mengatakan bahwa suku bunga aset kripto yang didukungnya berada dalam persentase satu digit. Nexo juga menambahkan bahwa tarif tersebut dipilih dengan mempertimbangkan keberlanjutan bisnis mereka dan keamanan aset pelanggan, menyiratkan bahwa hal itu bertujuan untuk menawarkan produk berisiko rendah.

 

Nexo mencatat bahwa mereka hanya menjanjikan bunga setinggi 36% untuk satu aset, token AXS Axie Infinity. Nexo juga menegaskan bahwa tarif tinggi seperti itu adalah pengecualian dan mereka tidak mengiklankan tarif itu dalam materi pemasaran. Perusahaan mengatakan beberapa asetnya yang paling populer, seperti Bitcoin, hanya menghasilkan bunga dalam persentase satu digit. CEO Nexo Antoni Trenchev mengatakan bahwa perusahaan telah bekerja dengan regulator sekuritas federal dan negara bagian untuk membuat Earn Interest Product mereka sesuai dengan regulasi yang berlaku. “Nexo berkomitmen untuk menemukan jalan yang jelas kedepannya untuk penyediaan produk dan layanan yang diatur di AS, idealnya di tingkat federal.”

 

“Kami telah bekerja dengan regulator federal dan negara bagian AS dan memahami dorongan mereka, mengingat gejolak market saat ini dan kebangkrutan perusahaan yang menawarkan produk serupa, untuk memenuhi mandat perlindungan investor mereka dengan memeriksa perilaku masa lalu penyedia Earn Interest Product,” ucap perusahaan dalam sebuah pernyataan. Nexo juga menjelaskan bahwa dalam beberapa bulan terakhir, Nexo adalah penyedia Earn Interest Product yang sangat berbeda, seperti yang ditunjukkan oleh fakta bahwa mereka tidak terlibat dalam pinjaman tanpa jaminan, tidak terpapar dalam kasus  LUNA/UST, tidak harus ditebus, ataupun terpaksa untuk membatasi penarikan apa pun.