Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

Penipuan dalam Dunia Crypto?

Hari-hari ini, kejahatan digital semakin membahayakan, sangat sedikit orang yang bisa lolos dari penipuan ataupun serangan hacker. Dan, sayangnya, sampai hari ini hampir setiap pedagang kripto dan pengguna menjadi korban cukup tinggi. Bahkan Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, adalah korban penipuan, karena orang – orang jahat memang selicik itu. 

 

Contoh kasus 1: Anda mengetikkan URL “coinbase.pro.com” dan kemudian muncul di layar pesan yang menyampaikan bahwa akun Anda telah dikompromi, Anda lalu diberi nomor untuk dihubungi. Dan begitu Anda menghubungi nomor tersebut, pihak di seberang meminta tanggal lahir, alamat email, dan informasi detail akun Anda. Anda mulai menjadi curiga tetapi sekaligus merasa tertekan. Jadi, Anda memberikan apa yang mereka minta, sementara dalam firasat Anda merasa memberikan terlalu banyak informasi daripada yang seharusnya. Namun apa yang terjadi berikutnya sangat mengerikan, si penjahat telah mengatur ulang nama pengguna dan kata sandi Anda. Tak lama kemudian, koin hilang dari akun Anda, dan baru menyadari bahwa URL yang tepat ternyata adalah “pro.coinbase.com.”

 

Contoh kasus 2: Anda baru mengenal kripto dan merasa seperti ketinggalan hype memiliki koin yang telah menjadi “overnight sensation” dan membuat banyak orang mendapat keuntungan besar. Jadi, ketika Anda melihat kesempatan untuk berinvestasi di Coin baru – yang akan menjadi bagian dari game online pay-to-earn populer, Anda menjadi tertarik untuk mulai berinvestasi. Namun, dua minggu kemudian, Anda mengetahui bahwa para developer yang namanya tidak dapat ditemukan di mana pun hilang. Anda baru saja terkena rug pull. Sekarang bayangkan penipuan seperti ini, dan banyak lainnya, diulang berkali–kali.

 

Pemula dalam dunia kripto yang tidak memiliki pengetahuan mendalam seringkali paling rentan menjadi korban penipuan. Dunia kripto bukanlah seperti yang lainnya, kripto  membutuhkan publik lebih mengenalnya secara extra dan mendalam agar bisa memahaminya. Dengan lebih banyak publik yang memahami kripto akan membantu memastikan potensi kripto yang luar biasa terwujud. Singkatnya pimpin diskusi, berdayakan adopsi yang aman, dan bantu user baru komunitas kripto bertumbuh.

 

Ada beberapa hal mendasar yang dapat dilakukan untuk memastikan hal ini tidak terjadi. Sebelum melakukan transaksi, biasakanlah berhenti sejenak untuk berpikir apakah ini ‘too good to be true’? Apakah ada kejanggalan? Perhatikan perusahaan, projek, dan orang orang yang terlibat didalamnya. Sudahkan Anda menggali informasi mengenai mereka? Dan pastikan bahwa Anda melakukan hal yang bertanggung jawab seperti memastikan private key aman, dan tidak membagikannya dengan siapapun.

 

Tentunya hal ini juga kurang efektif jika hanya dilakukan secara perseorangan. Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggabungkan praktik marketing untuk menarik publik agar lebih mengenal kripto sebelum terjun ke dalamnya seperti membuat kurikulum konten apa saja yang bisa dipelajari, termasuk kursus-kursus yang dapat diikuti dan diakhiri dengan sertifikasi, mendorong keterlibatan melalui buletin (seperti Discord atau Telegram, email, dll), dan menghadiahi user karena telah meluangkan waktu untuk menjadi lebih berpengetahuan dan waspada dengan dunia kripto.