Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

Nasib Buruk Solana

Hacker tak dikenal menguras ribuan wallet yang berisi Solana dan USDC senilai setidaknya $4 juta pada Selasa malam. “Lebih dari 5.000 dompet Solana telah terkuras dalam beberapa jam terakhir,” firma audit blockchain OtterSec melaporkan bahwa transaksi ini sedang ditandatangani oleh pemilik sebenarnya, menunjukkan semacam peretasan private key. Mulai Selasa malam, banyak pengguna mulai melaporkan bahwa aset yang disimpan di hot wallet Phantom, Slope, dan Trust Wallet telah dikosongkan dananya. Phantom mengatakan di Twitter bahwa mereka sedang menyelidiki kerentanan yang dilaporkan terjadi dalam ekosistem solana dan tidak percaya bahwa itu adalah kesalahan dari pihak Phantom.

 

Developer di seluruh Internet, termasuk blockchain selain Solana, telah bekerjasama untuk mencoba dan memahami penyebab eksploitasi dan jangkauannya. Token sol Solana, salah satu aset kripto terbesar setelah Bitcoin dan Ether, turun sekitar 8% dalam dua jam pertama setelah peretasan awalnya terdeteksi, menurut data dari CoinMarketCap. Akar penyebab pelanggaran masih belum jelas, tetapi tampaknya karena cacat pada perangkat lunak wallet tertentu, bukan di blockchain solana itu sendiri. “Insinyur dari berbagai ekosistem, dengan bantuan beberapa perusahaan keamanan, sedang menyelidiki wallet yang terkuras di solana,” menurut status akun Twitter solana.

 

Jaringan Solana dipandang sebagai salah satu pendatang baru yang paling menjanjikan di market kripto. Namun belakangan ini dihadapkan dengan rentetan masalah, termasuk waktu downtime dalam periode aktivitas dan persepsi bahwa mereka tidak se-desentralisasi jaringan Ethereum. Pemadaman besar-besaran pada bulan Juni lalu juga membuat platform Solana offline selama beberapa jam.

 

“Jangan menggunakan kembali seed phrase Anda di hardware wallet – buat seed phrase baru. Wallet yang terkuras harus segera ditinggalkan,” Jaringan solana sangat mendorong pengguna untuk menggunakan hardware wallet, karena tidak ada bukti bahwa wallet tersebut terpengaruh. Insiden itu terjadi satu hari setelah $200 juta diretas dari blockchain bridge Nomad. Ini adalah krisis terbaru market kripto dalam beberapa minggu terakhir.