Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

Nanjing University, Kampus Pertama di China Hadirkan Jurusan Teknik Metaverse

Teknologi metaverse merupakan topik yang sedang hangat diperbincangkan di seluruh dunia belakangan ini. Hasil survey statistika yang dilakukan pada 4 Februari tahun ini, menyatakan sebanyak 52% responden ingin masuk ke metaverse agar bisa mendapatkan pengalaman bekerja di ruang kerja virtual. Khusus di Indonesia, menurut survey PT. AMI, ada 69% dari responden generasi Z mempunyai minat terhadap metaverse. Banyak dari perusahaan besar yang sudah mulai terjun ke metaverse, hal ini menambah daya tarik publik terhadap dunia metaverse. Sebagaimana yang diketahui perusahaan besar tersebut diantaranya Adidas, Nike, Samsung, Walmart dan masih banyak lagi perusahaan multinasional lainnya. Tidak hanya dalam dunia bisnis, kini metaverse sudah mulai merambah ke dalam dunia pendidikan.

Salah satu universitas ternama di China, Nanjing University berencana untuk memasukkan topik metaverse ke dalam salah satu program studi mereka. Universitas tersebut berencana membuka jurusan metaverse pertama di negeri Tirai Bambu. Universitas Sains & Teknologi Informasi Nanjing telah mengganti nama salah satu jurusan utamanya, Jurusan Teknik Informasi, menjadi Jurusan Teknik Metaverse, dengan tujuan mengintegrasikan lebih banyak mata kuliah yang berhubungan dengan metaverse. Pan Zhigeng yang merupakan Dekan Nanjing University, menyampaikan bahwa langkah ini akan berkontribusi pada integrasi institusi dengan perusahaan yang terkait dengan metaverse, untuk mengidentifikasi kebutuhan kelompok-kelompok dan melatih lebih banyak bakat. Zhigeng juga menambahkan bahwa para mahasiswa akan lebih memenuhi syarat untuk melayani di tiga bidang yang berbeda termasuk smart healthcare, smart education dan digital tourism. Untuk memajukan universitas di bidang-bidang ini, departemen akan membentuk tiga kelompok kerja yang berbeda: lembaga penelitian metaverse, lembaga penelitian smart meteorologi, dan lembaga penelitian smart medical.

Diketahui pada awal bulan ini, Meta juga melaporkan partisipasinya dalam pembuatan 10 kampus metaverse online, dalam kemitraan dengan perusahaan konstruksi metaverse bernama Victoryxr. Hal ini merupakan bagian dari proyek pembelajaran immersive, sebuah inisiatif sebesar $150 juta yang berusaha untuk memperkenalkan metaverse di lingkungan pendidikan.

1 thought on “Nanjing University, Kampus Pertama di China Hadirkan Jurusan Teknik Metaverse”

Comments are closed.