Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

McDonald’s Akan Terjun ke Dunia Metaverse

Hasil riset menunjukkan bahwa makin banyak orang yang tertarik untuk menggunakan teknologi metaverse. Peminat dunia metaverse bukan hanya dalam bidang atau perusahaan teknologi saja, namun kali ini salah satu perusahaan fast food terbesar di AS, yaitu McDonald’s mulai terjun ke dunia Web3 ini. Perusahaan yang bermarkas d Chicago tersebut bersiap mengoperasikan restoran virtual yang juga akan menampilkan barang-barang virtual. McDonald’s berencana menyelenggarakan berbagai acara hiburan, termasuk konser, di metaverse.  John Gerben selaku pengacara ahli McDonald’s menyampaikan bahwa rencana McDonald’s untuk masuk ke dunia metaverse secara serius.

Tujuan McDonald’s di metaverse ini dilakukan untuk membuka restoran virtual yang menampilkan layanan delivery ke rumah pembelinya. Artinya, pengguna bisa mengeksplore restoran virtual McDonald’s di metaverse dan memesan makanan di sana untuk dikirim ke rumah mereka. Pengguna akan dapat mengunduh makanan virtual sebagai file multimedia yang berisi karya seni, teks, audio, video, dan token yang tidak dapat dipertukarkan atau Non-Fungible Tokens (NFT). Sebenarnya McDonald’s bukan restoran virtual pertama yang ada di metaverse, sebelumnya ada Panera Bread sebuah jaringan toko roti yang juga berasal dari AS mengajukan hak serupa di metaverse dengan nama ‘Paneraverse’. Sedangkan untuk McDonald’s mengajukan merek dagang untuk cafe virtual. Salah satu cafe virtual ini diberi nama ‘McCafe’ mirip dengan rekan di dunia nyata. Cafe tersebut dapat mencakup berbagai layanan hiburan salah satunya konser virtual.

Secara keseluruhan, McDonald’s bertujuan untuk menjejakkan kakinya di metaverse sebelum ide berbasis AR/VR berkembang pesat di pasar. Dengan cara ini, mereka akan menjadi salah satu perusahaan pertama yang menawarkan produk dan layanan virtualnya di metaverse dan menggaet pangsa pasar yang signifikan.

 

1 thought on “McDonald’s Akan Terjun ke Dunia Metaverse”

Comments are closed.