Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

Langkah UEA menjadi negeri Metaverse

Ketika industri aset kripto dan metaverse berkembang di seluruh dunia pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya, pihak berwenang di Dubai berusaha untuk mengubah kota terpadat di Uni Emirat Arab (UEA) tersebut ke era baru. Putra Mahkota Dubai Sheikh Hamdan bin Mohammed telah meluncurkan rencana untuk mendukung pengembangan dengan menginvest sebanyak 40.000 pekerjaan virtual tambahan di sektor metaverse, serta menambahkan $4 miliar ke PDB ibukota Emirat Dubai

 

Dubai bertujuan untuk menjadi salah satu kota ekonomi metaverse terkemuka di dunia. Berkaca pada perkembangan tersebut, Sheikh berharap dapat mengubah wilayah tersebut menjadi ibu kota teknologi yang terkenal. Negara ini bermaksud untuk sepenuhnya mengeksplorasi Artificial Intelligence (AI) dan Web3. Menurut Sheikh Hamdan, yang mengumumkan langkah tersebut di akun Twitter nya pada 18 Juli, tujuannya adalah untuk mendukung inovasi dan menumbuhkan tumpukan metaverse dan blockchain yang ada di kota yang telah menghitung lebih dari 1.000 perusahaan dan menambahkan $500 juta ke kekayaan domestik.

 

Strategi ini menampilkan model kerja pemerintah di bidang pariwisata, pendidikan, ritel, pekerjaan jarak jauh, perawatan kesehatan, dan sektor hukum. Diantaranya meliputi extended reality, augmented reality (AR), virtual reality (VR), mixed reality, dan digital twins, representasi virtual dari suatu objek atau sistem. Wakil Presiden Al Maktoum mengumumkan bahwa VR dan AR telah membuka 6.700 pekerjaan dan menyumbangkan $500 juta untuk ekonomi Dubai. Secara universal, nilai venture capital dan pembiayaan ekuitas swasta metaverse mencapai $13 miliar pada tahun 2021. Juga, penjualan real estat di metaverse melebihi $500 juta tahun lalu.

 

Dubai menjadi terkenal karena ambisinya, setelah mengeluarkan lisensi aset virtual ke Binance, crypto exchange terbesar di dunia. Selain itu, DAMAC Properties, pengembang real estat mewah terkemuka di Dubai, mengumumkan pada akhir April bahwa mereka akan mendukung ekonomi digital dengan memungkinkan konversi kripto menjadi fiat, serta menjual real estat kepada investor kaya Bitcoin dan Ethereum. Pada bulan Juni, Yayasan Al Jalila, badan amal yang didirikan oleh Perdana Menteri UEA Mohamed Bin Rashid Al Maktoum, menjadi organisasi pertama dari jenisnya yang membuka saluran donasi ke kripto.

 

Sementara media arus utama AS mungkin menimbulkan kesan bahwa industri kripto sedang berjuang hanya akan terus kesulitan untuk bertahan hidup di kripto winter yang panjang, kenyataannya mungkin sangat jauh berbeda. Strategi metaverse Dubai yang baru adalah bukti bahwa ada miliaran dolar yang menunggu untuk diinvestasikan dalam perusahaan rintisan dan proyek baru di bidang tersebut.