Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

Kerjasama Duo Industri Besar Sektor Blockchain

Dalam siaran pers, SWIFT, sistem messaging antar bank yang memungkinkan pembayaran cross chain, bekerja sama dengan Chainlink, penyedia price feeds dan data lainnya ke blockchain, pada cross chain interoperability protocol (CCIP) dalam bukti konsensus proof of concept (POC). CCIP akan memungkinkan pesan SWIFT untuk menginstruksikan transfer token on chain, membantu jaringan antar bank untuk dapat berkomunikasi di semua lingkungan blockchain. Chainlink menambahkan bahwa ini akan memungkinkan lembaga keuangan menjadi blockchain yang tidak mengenakan biaya muka yang tinggi.

 

Hal ini akan membantu dan menguntungkan berbagai institusi di seluruh pasar modal. Direktur Strategi SWIFT Jonathan Ehrenfeld Sole mencatat bahwa ini bukan pertama kalinya Chainlink dan SWIFT bekerja sama. Ia mengatakan, sekitar lima tahun lalu, Chainlink dan SWIFT menggarap konsensus proof of concept lain terkait penerbitan dan penebusan obligasi. Salah satu alasan keberhasilan kerjasama dengan Chainlink adalah karena adanya minat tinggi pada kripto dari investor institusional. Para pemain keuangan tradisional (TradFi) menginginkan akses ke berbagai aset digital dan tradisional di satu jaringan yang dapat menghubungkan berbagai jenis kelas aset.

 

POC menggunakan CCIP Chainlink yang memungkinkan pesan SWIFT untuk menginstruksikan transfer token di hampir setiap jaringan blockchain yang akan mempercepat adopsi blockchain DLT di pasar modal dan keuangan tradisional. Chainlink menambahkan bahwa kolaborasi dengan SWIFT ini memungkinkan lembaga keuangan untuk mendapatkan keuntungan blockchain tanpa harus mengganti, mengembangkan, dan mengintegrasikan konektivitas baru ke dalam sistem lama, sesuatu yang akan memerlukan modifikasi substansial dengan biaya yang sangat tinggi. Transaksi di jaringan SWIFT dapat memakan waktu beberapa hari untuk diselesaikan dan perusahaan juga telah mengeksplorasi teknologi blockchain, DLT dan mata uang digital bank sentral (CBDC) untuk memfasilitasi pembayaran yang lebih cepat.

 

Inisiatif ini merupakan kolaborasi antara dua pemain utama di industri masing-masing. Chainlink termasuk dalam 25 blockchain teratas dengan kapitalisasi market $3,9 miliar dan umumnya diakui sebagai platform oracle blockchain terkemuka. Sementara SWIFT adalah jaringan pesan keuangan global terkemuka. SWIFT terhubung ke sekitar 11.000 bank dan menangani lebih dari lima miliar pesan keuangan setiap tahunnya.

 

1 thought on “Kerjasama Duo Industri Besar Sektor Blockchain”

Comments are closed.