Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

Inikah Awal dari Krisis Ekonomi?

Federal Reserve telah melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukannya dalam 28 tahun, yaitu meningkatkan suku bunga sebesar 75 basis poin. Fed pada hari Rabu 15 Juni menaikkan suku bunga sebesar 0,75%, langkah terbesar yang telah dilakukannya sejak 1994 dimana terjadi siklus pengetatan Fed yang berlangsung selama 12 bulan dan berdampak pada kenaikan suku bunga dua kali lipat menjadi 6%.

 

Goldman Sachs mengatakan hal tersebut dapat menunjukkan bahwa Federal Open Market Committee (FOMC), komite yang bertugas menetapkan kebijakan keuangan di US, telah mengantisipasi dengan “menaikkan kisaran target adalah hal yang perlu dilakukan sampai terlihat bukti yang jelas dan meyakinkan bahwa inflasi telah lebih stabil”. Bank sentral menyampaikan pesan bahwa kenaikan suku bunga lebih lanjut akan datang tahun ini, karena Fed mengandalkan biaya pinjaman yang lebih tinggi untuk mengurangi permintaan dan memperlambat inflasi.

 

Menanggapi inflasi yang melonjak dan market keuangan yang bergejolak, bank sentral menaikkan suku bunga untuk melakukan pinjaman antar bank ke kisaran 1,5%-1,75%, di mana hal ini tidak pernah terjadi sebelum krisis pandemi Covid dimulai. Dengan melakukan hal ini, akan membuat pembelian rumah dan perluasan bisnis lebih mahal, sehingga menahan pengeluaran dan memperlambat ekonomi secara lebih luas. 

 

Para pejabat memperkirakan perkembangan dalam beberapa bulan mendatang dan angka pengangguran akan naik sekitar setengah poin persentase menjadi 4,1% pada akhir tahun 2024, karena kebijakan mereka menempatkan perusahaan dan pekerja pada posisi yang rumit. Menjadi sulit bagi Fed untuk memperlambat inflasi tanpa menyebabkan resesi karena faktor eksternal, seperti perang di Ukraina dan penutupan pabrik di China, yang mengancam pasokan barang dan komoditas seperti minyak.

 

Jika Fed harus menekan permintaan dalam tingkat ekstrim sebagai upaya untuk membuatnya sejajar dengan pasokan yang terbatas, itu bisa membuat bisnis bangkrut dan orang-orang menjadi pengangguran. Ekonomi mungkin tampak kuat sekarang, tetapi tindakan Fed mulai memiliki dampak yang nyata. Suku bunga hipotek telah meningkat tajam, permintaan barang konsumer juga menunjukkan tanda-tanda melambat karena pinjaman menjadi lebih mahal, dan pertumbuhan lapangan kerja mulai berkurang.

 

Sementara jalur ekonomi ke depan mungkin sangatlah sulit, pembuat kebijakan Fed berpendapat bahwa hal-hal akan menjadi lebih buruk dalam jangka panjang jika mereka tidak secepatnya bertindak.

 

1 thought on “Inikah Awal dari Krisis Ekonomi?”

Comments are closed.