Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

Benarkah Aset Digital Tidak Berharga?

Banyak orang yang telah mengkritik sektor mata uang kripto selama beberapa tahun terakhir. Politisi Prancis dan Presiden European Central Bank Christine Lagarde tidak diragukan lagi adalah bagian dari kelompok itu. Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, dia berpendapat bahwa aset digital tidak berharga. Ia juga menambahkan bahwa aset digital tidak didasarkan pada apa pun, tidak ada aset dasar yang bertindak sebagai keamanan.

 

Sehingga, tidak mengherankan saat Lagarde mengaku tidak memiliki mata uang kripto karena ingin tetap berpegang pada pendiriannya. Namun tampaknya, nasihatnya tidak menghentikan salah satu dari dua putranya untuk menambahkan aset digital ke dalam portofolio keuangannya, “Dia orang bebas” kata Christine.

 

Lagarde meminta pembuat kebijakan global secepatnya menerapkan aturan untuk melindungi investor tidak berpengalaman yang membuat taruhan besar pada aset digital. Nilai mata uang kripto telah jatuh dalam tahun ini, dengan Bitcoin, mata uang kripto terbesar di dunia kehilangan lebih dari setengah nilainya sejak menduduki nilai tertinggi sepanjang bulan November lalu.

 

Skeptisisme Christine terhadap kripto bukanlah hal baru. Dia sebelumnya pernah menyuarakan keprihatinan tentang dampak lingkungan dari aset digital, serta potensi penggunaannya dalam pencucian uang, penghindaran sanksi, dan aktivitas illegal lainnya. Komentar terbarunya diutarakan dikala pengawasan ketat terhadap pasar kripto karena dampak dari runtuhnya TerraUSD, stablecoin yang dimaksudkan untuk selalu bernilai $1.

 

Beberapa bank sentral sedang mengerjakan uang fiat negara mereka sendiri (CBDC), mengikuti pertumbuhan mata uang digital yang cepat, European Central Bank menjadi salah satunya. Euro digital akan “sangat berbeda” dari mata uang kripto pribadi, kata Lagarde. Ia khawatir jika regulasi tidak secepatnya ditetapkan, maka orang orang yang berpikir mereka akan mendapatkan keuntungan tanpa mengetahui resiko dari aset digital akan kehilangan semuanya.