Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

Bagaimana Perkembangan Metaverse di Indonesia Pada Masa Depan?

Perusahaan teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI), yaitu PT. WIR Asia Tbk (Grup WIR) menyampaikan pandangan terkait dengan bagaimana metaverse di masa yang akan datang. Terlebih dahulu Michel Budi Wirjatmo selaku Direktur Utama Grup WIR, menjelaskan tentang perbedaan dari VR dan AR. Secara bentuk, VR merupakan kacamata tertutup yang di mana pengguna akan dibawa masuk ke dunia digital. Sedangkan untuk AR secara bentuk seperti kacamata terbuka yang umum dipakai orang untuk kegiatan sehari-hari. Sehingga ketika menggunakan kacamata AR masyarakat masih bisa melakukan aktivitas pada kegiatan sehari-hari seperti biasa. Michael juga menyampaikan bahwa dengan teknologi Augmented Reality (AR) kita bisa tetap beraktivitas di dunia nyata tetapi bisa digabungkan dengan dunia virtual, berbeda dengan metaverse yang saat ini digunakan dengan alat Virtual Reality (VR) yang fokus pada dunia digital. Meskipun begitu baik AR maupun VR keduanya tidak bisa dipisahkan, namun harus saling terintegrasi.

Diketahui bahwa PT. WIR Asia Tbk (Grup WIR) bersama Grup Salim telah melakukan kerjasama dengan membentuk perusahaan patungan (joint venture/JV) bernama PT. Metaverse Indonesia Makmur yang menciptakan platform Nusameta. Nusameta disebut juga sebagai “Indonesia versi digital” merupakan ekosistem yang terdiri atas platform dan integrasi online to offline (O2O) yang memungkinkan seluruh pengguna mewujudkan interaksi antara dunia nyata dan digital. Terdapat beberapa pilar besar yang akan menjadi fokus Nusameta, antara lain perekonomian yang berkelanjutan, serta play and earn. Platform tersebut juga dipastikan akan menghadirkan dunia metaverse yang beragam, mulai dari pendidikan, layanan kesehatan, hiburan dan lainnya.

Disamping itu sebagaimana kita ketahui bahwa dunia metaverse sedang naik daun di dunia dan termasuk juga di Indonesia. Namun terdapat pertanyaan “apakah metaverse hanya akan menjadi hype sementara di Indonesia atau ada potensi untuk berkembang?”

1 thought on “Bagaimana Perkembangan Metaverse di Indonesia Pada Masa Depan?”

Comments are closed.