Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

Unpad Kembangkan Eduverse Bersama WIR Group

Metaverse semakin ramai diperbincangkan karena seseorang bisa menikmati pengalaman dunia nyata melalui dunia virtual. Pengembangan teknologi metaverse akhirnya dimanfaatkan oleh Unpad (Universitas Padjajaran). Unpad kembangkan Eduverse, sebuah platform edukasi di dunia metaverse bersama WIR Group.

Unpad Kembangkan Eduverse

Unpad (Universitas Padjajaran) menduduki posisi ke-7 universitas terbaik di Indonesia, sesuai hasil riset The World University Rankings 2021 yang dirilis pada hari Rabu (02/09/2020).

Yanyan Mochamad Yani sebagai Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Unpad melihat transformasi digital global melalui metaverse sudah cukup tinggi. Ia mengatakan:

“Sehingga itu menuntut banyak lembaga pendidikan untuk ambil bagian dalam implementasi teknologi digital metaverse agar tetap berada pada jalur kompetisi”

Hal ini membuat pihak Unpad juga ingin ikut ambil peran sebagai lembaga pendidikan yang memanfaatkan teknologi metaverse dalam proses edukasinya. Akhirnya, melalui Institut Pembangunan Jawa Barat (Injabar) Unpad mengumumkan kerja sama dengan perusahaan teknologi ternama di Indonesia.

Unpad Gandeng WIR Group untuk Eduverse

Dalam proses adaptasi teknologi, Unpad berupaya kembangkan teknologi Eduverse dengan menggandeng WIR Group.

WIR Group merupakan kelompok perusahaan berbasis teknologi augmented reality (AR), virtual reality (VR), dan artificial intelligence (AI) di Asia Tenggara yang sudah membangun solusi untuk puluhan industri mancanegara. Sejak 2009, WIR Group telah menyelesaikan ribuan proyek dan melayani lebih dari 20 negara.

Kerja sama itu nantinya akan dimulai dengan program-program strategis dari Unpad dan Injabar untuk pengembangan edukasi di dunia metaverse. Keri Lestari selaku Direktur Injabar mengatakan:

“Untuk menghadirkan teknologi digital, selain dibutuhkan pengetahuan, juga sarana aplikasi pendukung untuk dapat memanfaatkan dan memperoleh benefit optimal dari teknologi, yang diharapkan akan berdampak positif bagi masyarakat banyak”

Keri Lestari mengaku optimis bahwa transformasi digital melalui metaverse dapat meningkatkan kapabilitas lembaga ini nantinya.

Gupta Sitorus yang merupakan Chief Marketing Officer WIR Group juga menyatakan, masuknya Injabar Unpad dalam dunia metaverse menambah daftar panjang sektor pendidikan, riset, dan penelitian yang memanfaatkan teknologi metaverse.

Penulis: Yossiandre
Dilansir dari beberapa sumber: Suara, Indotelko, WIR Group