Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

Tokocrypto Lakukan PHK Terhadap 20% Karyawannya

Tokocrypto PHK

Tokocrypto yang merupakan salah satu perusahaan platform pasar kripto yang cukup mapan di Indonesia melakukan PHK terhadap sekitar 45 karyawannya. VP Corporate Communications Tokocrypto Rieka Handayani menyebut bahwa ada perubahan strategi bisnis sebagai bentuk adaptasi terhadap kondisi pasar kripto dan ekonomi global. Salah satunya dengan mengurangi 20% dari total 225 karyawannya atau sekitar 45 orang.

“Langkah internal yang diambil adalah mentransfer beberapa karyawan kepada bisnis unit yang telah menjadi entitas berbeda yaitu T-Hub dan TokoMall. Penyesuaian jumlah karyawan sekitar 20 persen dari 227 karyawan dengan pertimbangan perubahan fokus bisnis,”

Jelas Rieka kepada Media

Tidak serta merta hanya melakukan PHK saja, pihak Tokocrypto kemudian akan merekomendasikan mereka kepada perusahaan – perusahaan web3 dan blockchain yang selama ini telah menjadi mitranya.

Rieke juga menjelaskan bahwa keputusan tersebut merupakan langkah penyesuaian dengan kondisi saat ini. Tentunya diambil berdasarkan analisa dan prediksi yang telah dilakukan oleh manajemen dalam mengantisipasi kondisi pasar kripto dan ekonomi global yang berkepanjangan.

Alasan PHK Tokocrypto Untuk Pisahkan Entitas T-Hub dan TokoMall

Keputusan memisahkan entitas T-Hub dan TokoMall bertujuan agar perusahaan bisa memperkuat kembali bisnis utama Tokocrypto sebagai exchange platform. T-Hub adalah unit bisnis yang menyediakan ruang khusus untuk edukasi masyarakat dan komunitas tentang blockchain, sedangkan TokoMall merupakan platform marketplace NFT.

Seluruh penyesuaian bisnis ini dipastikan tidak berimbas pada standar operasional yang telah ditetapkan Tokocrypto. Para karyawan terdampak PHK juga akan ditangani secara transparan dan mengikuti segala peraturan yang berlaku.

“Kami menjamin bahwa segala perubahan yang terjadi dalam korporasi, tidak akan berimbas pada standar operasional yang telah ditetapkan untuk melayani seluruh pengguna Tokocrypto. Tokocrypto akan terus berkomitmen untuk tetap optimis membangun industri blockchain yang komprehensif di Indonesia,”

Rieke, VP Corporate Comunnication Tokocrypto

Menurut pandangan penulis, melihat kondisi pasar kripto yang saat ini cenderung buruk memang berpengaruh terhadap perusahaan-perusahaan start-up. Bahkan perusahaan sekelas OpenSea juga sempat melakukan PHK terhadap beberapa karyawannya pada bulan Juli lalu. Hal ini juga berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan orang terhadap mata uang kripto.

Namun sekali lagi, semua instrumen investasi memang mempunyai risiko masing-masing. Hal yang terpenting ialah mempelajari dan memahami sebelum kita menentukan langkah untuk berinvestasi.

Penulis: Rio Rey
Dilansir dari Financedetik dan beberpa sumber lain.