Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

Produk NFT Baru Dari Harian Kompas

Harian Kompas merilis produk non-fungible token (NFT) yang bernama Narasi Fakta Terkurasi yang menghadirkan tema Indonesia dalam 57 Peristiwa.

Dirilis pada selasa (28/6) NFT tersebut menjadi rilisan perdana Harian Kompas dan hanya tersedia sebanyak 57 copy (1 copy untuk masing-masing arsip). Selain itu perilisannya juga bertepatan dengan rangka memperingati HUT Harian Kompas yang ke-57.

Narasi Fakta Terkurasi menggunakan jaringan dan NFT marketplace terpopuler yaitu Ethereum dan Opensea. Berisikan arsip koran kompas yang kemudian diolah menjadi NFT yang memungkinkan informasi pencatatan sejarah akan selalu terjaga autentisitasnya. 

Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo menyatakan:

“Melalui non-fungible token (NFT). Kompas akan memilih sejumlah arsip dari ratusan ribu arsipnya untuk dikemas dalam format NFT. Yang bisa dilihat di laman nft.kompas.id dan platform OpenSea untuk menggapai generasi penggemar NFT,”

Langkah yang dilakukan ini merupakan salah satu cara Kompas untuk tetap menggikuti perkembangan teknologi. Serta dapat mendistribusikan kekayaan arsip, yang menjadi kekuatan harian Kompas. Melalui jaringan blockchain Narasi Fakta Terkurasi akan menampilkan 57 arsip halaman depan dari setiap tahun sejak Kompas berdiri sampai kini (1965–2022).

Beberapa rekam peristiwa menarik yang termasuk kedalam 57 arsip adalah. Tentang dimulainya penggunaan Ejaan yang Disempurnakan (EYD) pada 1972. Peluncuran Satelit Palapa pada 1976. Perolehan emas pertama RI pada olimpiade 1992 dan banyak lagi.

Dapat dimiliki secara eksklusif dengan 0,1 ETH dan mulai bisa didapatkan pada senin (27/6) dan mulai penjualan privat atau private mint nya pada hari selasa (28/6). Setiap rilisan Narasi Fakta Terkurasi akan diiringi dengan ekshibisi konten inklusif dan kesempatan mendapatkan produk NFT di marketplace OpenSea. Publik juga dapat mengakses dan mengapresiasi arsip Kompas melalui laman nft.kompas.id

Setiap pembelian Narasi Fakta Terkurasi  memiliki sejumlah keuntungan diantaranya. Akses ke portal berita, kaus eksklusif edisi gambar NFT, diskon 30% untuk pembelian buku dan masih banyak lagi.

Penulis: ryeosuk22
Dikutip dari beberapa sumber:
NationalNftKompas