Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

Perusahan dan Bank Besar Di Jepang Akan Mempersiapkan Digital Yen

digital yen

Menurut laporan Reuters yang diterbitkan pada 19 November dituliskan lebih dari 30 perusahaan besar Jepang akan memulai eksperimen tahun depan untuk menerbitkan mata uang digital pribadi bersama untuk membuka jalan bagi digitalisasi di negara tersebut.

Perkembangan ini terjadi tak lama setelah rencana Bank of Japan yang baru-baru ini diumumkan mengenai upaya untuk bereksperimen dengan menerbitkan Yen digital.

Seperti dilaporkan sebelumnya diketahui, Takeshi Kimura selaku direktur jenderal departemen Bank of Japan (BoJ) mengatakan kepada outlet berita lokal Jepang Asahi Shimbun bahwa penerbitan dan pengembangan yen digital adalah “perhatian utama” bagi bank sentral.

Berdasarkan sumber yang berhubungan erat dengan masalah tersebut, grup yang terdiri dari beberapa perusahaan besar Jepang, termasuk tiga bank terbesar Jepang serta broker, perusahaan telekomunikasi, utilitas dan pengecer, sedang mempertimbangkan untuk melakukan percobaan untuk menerbitkan mata uang digital yang akan memanfaatkan penyelesaian keuangan digital bersama.

Hiromi Yamaoka, mantan eksekutif BOJ yang mengetuai grup, mengatakan dalam pengarahan online:

“Jepang memiliki banyak platform digital, tidak ada yang cukup besar untuk mengalahkan pembayaran tunai.”

Menambahkan:

“Kami tidak ingin membuat platform jenis silo lainnya. Yang ingin kami lakukan adalah membuat kerangka kerja yang dapat membuat berbagai platform dapat kompatibel satu sama lain. “

Fokus pada Promosi Transaksi Non Tunai

Khususnya, bank swasta Jepang akan bertanggung jawab mengeluarkan mata uang digital dalam percobaan ini. Namun pada saat yang sama, kemungkinan entitas lain menerbitkan mata uang digital tidak dapat sepenuhnya dikesampingkan, tambah Yamaoka.

Perlu dicatat bahwa Jepang adalah salah satu negara paling banyak uang tunai di dunia. Menurut laporan tersebut, pembayaran tanpa uang tunai hanya menghasilkan 20% dari total pembayaran di negara itu, dibandingkan dengan AS dan China masing-masing sebesar 45% dan 70%.

Digital Yen Menjadikan Pendahulunya Referensi

Berbicara tentang China, eksperimen yuan digital telah bergerak maju dengan kekuatan penuh.

Seperti yang pernah diberitakan sebelumnya, bank sentral China telah menyatakan bahwa uji coba mata uang digital bank sentral (CBDC) yang sedang berkembang saat ini terbatas pada transaksi ritel, menepis klaim yang menyatakan bahwa yuan digital digunakan untuk transaksi besar.