Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

Pangolin: DEX Berbasis Komunitas dari Avalanche

In Brief: Setelah meluncurkan Avalanche Ethereum Bridge (AEB), Avalanche kemudian menambahkan inovasi baru melalui Pangolin DEX.

Pangolin DEX

Aktivitas di jaringan Avalanche meningkat setiap hari, dengan lebih dari 1.000 aset unik dibuat di platform. Hal tersebut tidak terlepas dari peran Avalanche Ethereum Bridge (AEB), sebuah platform yang berfungsi sebagai jembatan penghubung antara jaringan blockchain Avalanche dengan Ethereum. Platform ini dapat digunakan untuk mentransfer aset kripto dari jaringan ERC-20 ke jaringan Avalanche dan sebaliknya. Dengan adanya AEB, pengguna dapat memanfaatkan keunggulan dari Avalanche dalam bertransaksi maupun membangun proyek Decentralized Financial (DeFi) dengan biaya murah, proses transaksi yang cepat dan aman

Bersamaan dengan AEB, diluncurkan pula Decentralized Exchange (DEX) untuk mendukung transaksi dan pertukaran token yang berbasis jaringan Avalanche dengan nama Pangolin. DEX ini menggunakan model market making otomatis (AMM) yang sama dengan Uniswap, namun dibangun di atas Avalanche untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Pangolin DEX dirancang untuk mengurangi biaya menjadi lebih murah dan menyelesaikan perdagangan secara instan. Karena dibangun di atas jaringan Avalanche, semua biaya transaksi Pangolin DEX akan menggunakan AVAX token. Pangolin juga menampilkan token tata kelolanya sendiri yang disebut PNG, sepenuhnya didistribusikan oleh komunitas..

Apa yang membuat Pangolin berbeda dari DEX lainnya?

Pangolin didukung oleh Avalanche yang sepenuhnya kompatibel dengan Ethereum, tetapi dengan finalitas yang lebih cepat, throughput yang lebih tinggi dan biaya yang rendah. DEX ini memungkinkan sekelompok pengembang yang lebih luas untuk bereksperimen dan berinovasi dengan aset dan aplikasi baru. Selain itu, DEX ini juga memberdayakan efisiensi modal yang lebih mencerminkan keuangan institusional daripada yang diharapkan pedagang dalam mata uang kripto dan aset digital. Singkatnya, Pangolin menawarkan tiga manfaat yang sangat penting, yaitu perdagangan cepat dan murah, pengembangan berbasis komunitas, dan distribusi token yang adil dan terbuka.

Cara Simple Menggunakan Pangolin DEX

  1. Buat Wallet Avalanche dan mengisinya dengan AVAX
    a. Membuat Wallet Avalanche
    b. Lakukan pembelian token AVAX
    c. Transfer token AVAX yang telah Anda beli ke Wallet Avalanche
  2. Setup Wallet Metamask ke Jaringan Avalanche
    a. Download Metamask
    b. Buat wallet baru atau impor wallet yang sudah Anda miliki
    c. Hubungkan Metamask ke jaringan Avalanche
    d. Tambahkan Display Token Pangolin (PNG) ke Wallet Metamask (Contract: 0x60781C2586D68229fde47564546784ab3fACA982)
  3. Transfer AVAX dari Wallet Avalanche ke Metamask yang terhubung dengan Avalanche

Untuk tutorial yang lebih detail, silakan kunjungi panduan berikut.

Tentang Avalanche

Avalanche adalah platform opensource yang dapat meluncurkan aplikasi terdesentralisasi dan penerapan blockchain bagi perusahaan dalam satu ekosistem yang dapat dioperasikan secara interoperable dan juga sangat dengan skalabilitas yang sangat tinggi. Developer yang membangun aplikasi apapun di Avalanche dapat dengan mudah membuat aplikasi dengan karakeristik yang lebih kuat, andal, dan aman serta memiliki jaringan blockchain khusus dengan seperangkat aturan yang kompleks atau dapat membangun subnet pribadi atau publik yang telah ada sebelumnya.

Website | Twitter ID Telegram ID Medium Bahasa