Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

Korea Selatan Pajak

Pajak Profit Bagi Trader Cryptocurrency di Korea Selatan Berlaku 2021

Mulai tahun depan pemerintah Korea Selatan secara tentatif memutuskan untuk menerapkan pajak capital gain kepada pelaku trading cryptocurrency.

Ini adalah hasil dari musyawarah yang dilakukan selama bertahun-tahun antara kementerian pemerintah dan anggota Majelis Nasional Korea Selatan.

Menurut laporan dari News Asia pada Kamis (11 Juni 2020), trader cryptocurrency di Korea Selatan dapat dikenai pajak capital gain atas aktivitas perdagangan crypto mereka mulai tahun 2021 nanti.

Pada awal 2020, ada laporan bahwa pemerintah sedang mempertimbangkan untuk menerapkan pajak kripto 20 persen atas keuntungan yang didapat dari perdagangan dan transaksi kripto.

Kemudian pada bulan Mei, Kementerian Strategi dan Keuangan juga mengusulkan pengenaan pajak atas keuntungan yang diperoleh dari transaksi crypto.

Rencana untuk mengenakan pajak perdagangan kripto telah dipertimbangkan oleh pemerintah Korea Selatan

Sejak 2018, pemerintah telah mempertimbangkan rencana perpajakan untuk cryptocurrency dengan membentuk Satuan Tugas Gabungan (TF). TF pada dasarnya dibentuk segera setelah booming crypto 2017.

Pada bulan September tahun lalu, Dewan Standar Akuntansi Internasional (IFRS) menyimpulkan bahwa cryptocurrency dapat diklasifikasikan sebagai aset daripada sebagai mata uang. Ini akan memberi mereka yang berada di sisi klasifikasi aset yang jauh lebih tajam dalam diskusi yang sedang berlangsung.

Mengingat pengumuman baru-baru ini, beberapa masih berpendapat bahwa akan lebih tepat untuk memperkenalkan pajak transaksi yang lebih rendah daripada pajak capital gain. Hal ini merupakan cara yang sama sekuritas dikenakan pajak di Korea.

Awal tahun ini, Kementerian Teknologi Informasi mengalihkan otoritas mereka dari pajak properti ke departemen pajak pendapatan domestik. Mereka juga menyarankan bahwa pemerintah akan menerapkan klasifikasi pendapatan lain untuk cryptocurrency.

Alasan tambahan di balik spekulasi itu terletak pada fakta bahwa menguntungkan untuk hanya menambahkannya ke pajak penghasilan karena kesulitan yang terlibat dalam menghitung laba dan rugi secara akurat antara waktu pembelian dan waktu likuidasi dalam perdagangan mata uang kripto.

Dengan keputusan untuk mengenakan pajak perdagangan crypto, keputusan tentang beban pelaporan sekarang menjadi daftar yang harus dilakukan berikutnya dalam agenda. Menurut orang dalam di Kementerian Informasi dan Teknologi Korea Selatan dilansir dari BTCmanager:

“Dalam hal kenyamanan pelaporan wajib pajak, akan lebih baik untuk memberikan pertukaran tanggung jawab untuk melaporkan transaksi.”

Mengingat penggunaan akun real-name, pajak capital gain akan berfungsi untuk meningkatkan kedudukan hukum industri.

Mau baca berita lain? yuk ke beranda Aliansi Koin! Kita lagi ngadain program edukasi nih bagi kalian yang ingin tahu lebih tentang blockchain dan cryptocurrency. klik disini ya!