Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

Pajak Kripto Indonesia Telah Diterima Oleh Sri Mulyani

Pajak Diterima Sri Mulyani.
Pajak Kripto Indonesia Telah Diterima Oleh Sri Mulyani

Peraturan Pajak untuk kripto di Indonesia sudah menuai hasil yang sangat fantastis dan telah diterima oleh Sri Mulyani selaku Kepala Kementerian Keuangan. Pajak yang di terapkan pemerintah terhadap kripto ini diterima dalam bentuk pajak pertambahan nilai (PPN) dan pajak penghasilan(PPh).

ASPAKRINDO juga telah menyambut baik rencana pemberlakuan pajak tersebut. Mereka juga menilai dengan adanya peraturan tersebut, dapat memperkuat industri kripto di Indonesia.

Sebelumnya, mata uang kripto merupakan polemik yang rumit dalam pemerintahan Indonesia. Bahkan, mata uang kripto sempat ditolak oleh pemerintah dengan salah satu alasannya adalah adanya potensi pencucian uang. Selain itu, Mata uang kripto memiliki volatilitas yang tinggi dan tidak memiliki underlying yang kuat sehingga membahayakan para investor.

Namun, tetap ada saja siasat dari para pelaku industri di Indonesia. Caranya adalah dengan menjadikan mata uang kripto menjadi sebuah komoditi yang merupakan instrumen investasi.

Oleh karena itu, Kementrian Perdagangan mengambil alih aturan melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi(BAPPEBTI), dan akhirnya disetujui oleh pemerintah.

Sri Mulyani Ungkap Jumlah Pajak Kripto

Jumlah pajak yang telah diterima oleh Sri Mulyani pada bulan ini dari industri kripto di Indonesia berasal dari PPN dan PPh.

“Kita memungut PPh 22 dengan mendapat Rp23,08 miliar dan juga PPN dalam negerinya sebesar Rp25,11 miliar”

Sri Mulyani, Menteri Keuangan Indonesia

Sebelumnya, untuk pajak bulan April, Mei dan Juni, jumlah total PPN yang terkumpul adalah sebesar 13,95 Triliun Rupiah.

Dampak Peraturan Pajak Terhadap Ekonomi Indonesia

Angka yang sangat fantastis tersebut dianggap dapat memajukan industri di Indonesia dan membawa hal yang positif untuk semangat reformasi keuangan negara.

Menurut Sri Mulyani, dampak dari penyesuaian PPN ini memberikan kontribusi dalam kenaikan penerimaan pajak dalam tahun ini. Sehingga, ekonomi di Indonesia akan semakin menguat.

Fenomena ini dapat dijadikan bukti bahwa mata uang kripto benar-benar aset yang sangat menjanjikan untuk pemerintah dan para pengusaha.

Dengan peran pemerintah dalam memberikan dukungan regulasi yang sesuai, masa depan industri digital di Indonesia diharapkan akan semakin baik kedepannya.

Penulis: Dhika Ulvi
Dilansir dari beberapa sumber: Dunia Fintech dan VOI Ekonomi