Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

Olea

Olea, Terobosan Blockchain Lainnya dari Standard Chartered

Standard Chartered, telah meluncurkan platform pembiayaan perdagangan bertenaga blockchain melalui join venture dengan penyedia teknologi keuangan rantai pasokan China, Linklogis. Menurut laporan dari The Korea Herald, platform yang dijuluki Olea tersebut ingin memenuhi kebutuhan investor institusional. Kebutuhan yang dimaksud adalah terkait pencarian peluang di kelas aset alternatif dengan bisnis yang membutuhkan pembiayaan rantai pasokan.

Joint venture yang mengoperasikan Olea ini akan berkantor pusat di Singapura; dengan Ng dari SC Ventures – Standard Chartered akan memimpin sebagai CEO-nya. Sementara itu Letitia Chau, wakil ketua dan kepala petugas risiko Linklogis, akan menjabat sebagai wakil CEO.

Standard Chartered menjadi investor bank global pertama Linklogis pada tahun 2020; satu tahun setelah kedua entitas menandatangani nota kesepahaman untuk bersama-sama mengeksplorasi dan mengembangkan solusi untuk ekosistem keuangan rantai pasokan. Bank tersebut sebelumnya telah bekerja dengan para pemimpin fintech yang berbasis di China. Mereka termasuk Alipay, Ant Group, dengan platform perdagangan globalnya yang berbasis Antchain, Trusple, telah digunakan oleh Standard Chartered, Citi, DBS Bank, Deutsche Bank, dan banyak lainnya.

Olea sendiri juga diharapkan dapat membantu Standard Chartered meningkatkan profilnya dalam keuangan perdagangan digital global; dan pilihan untuk menerapkan infrastruktur blockchain melanjutkan keterlibatan berkelanjutan bank dengan teknologi tersebut. Bank multinasional lain yang telah memanfaatkan blockchain untuk pembiayaan perdagangan secara khusus termasuk HSBC, BNP Paribas dan Citi; yang platform bersamanya disiapkan untuk peluncuran komersial di Singapura pada kuartal kedua tahun 2020.

Standard Chartered sendiri sebelumnya telah berkolaborasi dalam menggunakan blockchain untuk pembiayaan perdagangan dengan banyak dari bank yang sama ini melalui platform pembiayaan perdagangan blockchain eTrade Connect yang diluncurkan di Hong Kong pada tahun 2018.

Pada tahun yang sama, platform keuangan perdagangan digital We.trade — yang menghitung HSBC, Rabobank, Santander, Societe Generale, UniCredit, Deutsche Bank, dan lainnya sebagai bank pendiri — berkolaborasi dengan blockchain IBM yang didukung Hyperledger Fabric untuk menyelesaikan operasi langsung pertamanya.