Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

Nasdaq Persiapkan Layanan Kripto untuk Institusi

Bursa efek yang berpusat di New York Amerika Serikat Nasdaq, pada akhirnya mengumumkan akan mempersiapkan layanan kripto untuk institusi.

Pada Selasa (20/9), melalui website resmi Nasdaq mengumumkan peluncuran unit bisnis baru yang bernama Aset Digital Nasdaq. Layanan tersebut merupakan bisnis baru yang ditujukan kepada investor institusi. Semakin banyaknya institusi yang tertarik untuk mencoba cryptocurrency diyakini menjadi pemicu utama Nasdaq mengeluarkan layanan tersebut. 

Nasdaq telah memulai persiapan untuk menawarkan layanan penyimpanan aset digital kepada klien institusional. Selain itu, perusahaan multinasional tersebut siap untuk bersaing dengan pemain kripto yang sudah mapan seperti Coinbase untuk menarik investor institusi. 

Layanan Baru Nasdaq

Layanan unit baru Nasdaq tersebut akan dipimpin Ira Auerbach, yang sebelumnya memimpin layanan broker utama di bursa kripto Gemini. Grup baru perusahaan akan mulai menawarkan layanan penyimpanan Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) untuk institusi. Selain itu grup tersebut akan berfokus pada aset digital, mengembangkan solusi penyimpanan yang akan menggabungkan layanan likuiditas dan eksekusi. Menurut aurbach, solusi baru berupa penitipan mata uang kripto ini bisa menjadi solusi yang akan menyatukan ragam atribut yang ada pada dompet kripto.

Dalam sebuah laporan, Auerbach mengungkapkan keyakinannya bahwa gelombang revolusi keuangan berikutnya akan didorong oleh adopsi institusional. Menurutnya tidak ada tempat yang lebih baik dari Nasdaq untuk membawa kepercayaan ke pasar.

Sebelumnya Nasdaq bermitra dengan perusahaan Brasil XP untuk membuat pertukaran aset digital XTAGE. Seorang eksekutif di Nasdaq, mengatakan kemitraan dengan XP akan membawa peluang baru bagi investor dan perusahaan lain. Menurut XP, pertukaran dijadwalkan pada tahun 2022.

Langkah baru Nasdaq dalam membuat unit bisnis baru di bidang kripto, dapat mengambarkan kondisi pasar kripto saat ini. Dimana perusahaan multinasional berlomba merebut para investor kripto yang kian berkembang. Beberapa perusahaan pendahulu Nasdaq, terus melakukan inovasi dalam layananya seperti BlackRock bermitra dengan Coinbase Global Inc untuk memudahkan investor memperdagangkan Bitcoin. Lalu ada raksasa keuangan Charles Schwab, Citadel Securities, dan Fidelity Digital Assets mengumumkan peluncuran pertukaran bitcoin dan cryptocurrency.

Penulis: ryeosuk22
Dikutip dari NasdaqInvestopedia, dan lainya