Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

Terra USD Logo Poster

Begini upaya LFG “Selamatkan” UST

Badai Bitcoin memaksa Luna Foundation Guard (LFG) untuk menyelamatkan UST. Pada 10 Mei lalu, Bitcoin mencapai posisi terendah $29.731 di Bitstamp untuk pertama kalinya dalam sepuluh bulan terakhir. Hal tersebut terjadi ditengah penurunan pasar saham dan masalah baru akibat dari gejolak di protokol Bitcoin Terra yang berlanjut.

Hasilnya, LFG akan meminjamkan BTC senilai $750 juta ke perusahaan perdagangan bebas untuk mengelola modal dan “membantu melindungi” UST.

UST melihat serangan yang melibatkan penjualan massal minggu ini memuncak di Terra. Mereka menggunakan cadangan 750 juta BTC raksasanya untuk menopang pasak USD-nya.

Namun, langkah likuiditas awal untuk mengurangi dampak ancaman terbukti tidak mencukupi. UST kemudian jatuh ke posisi terendah $0,67, menurut data dari CoinMarketCap.

Pada saat yang sama, BTC/UST di bursa utama Binance mulai berperilaku tidak menentu. Tercatat mencapai level tertinggi lebih dari $42.000 sementara pasar dolar Bitcoin lainnya berjuang untuk mempertahankan $30.000.

Kegoyahan Terra

Rumor kehancuran penuh di Terra menyebar dengan cepat di media sosial. Meskipun demikian, salah satu pendiri vokal perusahaan, Do Kwon, tetap tenang setelah mengumumkan injeksi likuiditas BTC massal.

Do Kwon meretweet cuitan José Maria Macedo

Kwon me-retweet ringkasan situasi dari José Macedo, mitra pendiri di Delphi Ventures. Macedo berpendapat bahwa tindakan darurat Terra pada akhirnya akan mengarah pada desentralisasi yang lebih besar dari stablecoin USD. Bahkan, terdesentralisasi terbesar di industri crypto.

“Pembenci akan mengkritik ini untuk sentralisasi dan mereka benar, untuk saat ini. @LFG_Reserve membuat $UST lebih kuat, tetapi juga sementara lebih terpusat, ” tulisnya pada 9 Mei.

Sementara itu, data dari sumber pemantauan on-chain BitInfoCharts mengkonfirmasi pergerakan saldo dompet organisasi nirlaba Terra. Bahwa, Luna Foundation Guard (LFG) naik dari 70.000 BTC, atau $2,23 miliar, menjadi 0 BTC.

LFG menyarankan bahwa tidak semua BTC yang dimiliki sebelumnya telah dijual. Mereka juga berjanji untuk memperbarui komunitas.

Baca selengkapnya mengenai Terra Luna

Hasilnya, upaya tersebut membawa BTC/USD tetap pulih dari keruntuhannya sendiri. Serta, berakhir diperdagangkan mendekati $32.000 pada saat penulisan pada 10 Mei melalui CoinTelegraph.

Sementara itu, sebuah survei Twitter oleh komentator populer Benjamin Cowen mengungkapkan bahwa mayoritas lebih dari 12.000 responden percaya pasak akhirnya akan dipulihkan.