Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

Kogi NFT, Proyek Terbaru dari Kompas Gramedia

Kogi NFT

Kogi NFT merupakan sebuah proyek terbaru edu-platform milik Kompas Gramedia yakni Kognisi.id dengan tagar #SayItWithColour.

Kompas Gramedia dikenal sebagai perusahaan media besar di Indonesia, terus mengembangkan inovasi pada bidang blockchain. Pada Juli tahun ini, Kompas telah meluncurkan NFT yang bernama Narasi Fakta Terkurasi, kini meluncurkan Kogi NFT.

Proyek ini diinisiasi oleh Diptraya P. Ratulangi selaku Corporate HR Kompas Gramedia beserta tim. Bertujuan untuk membuka akses pendidikan di bidang web3 yang bermanfaat bagi anak-anak dan remaja bersama orang tua mereka.

Ada dua cara dalam mewujudkan misinya, yakni Learning Hub dan Game App yang edukatif, dengan menggabungkan konsep bermain dan belajar tentang dunia web3 serta teknologi blockchain.

Perkembangan teknologi saat ini ada ditahap web3, di mana sudah melampaui web2 yang hanya sekadar berinteraksi melalui internet. Selain itu, web3 juga unggul dalam hal desentralisasi serta jaminan keamanan bagi masyarakat yang memiliki aset tersimpan dalam blockchain.

Masyarakat terutama generasi muda Indonesia masih banyak yang belum memahami teknologi web3. Hal inilah yang membuat Kogi NFT ingin memberi ruang bagi generasi muda yang tertarik untuk mendapatkan wawasan baru terkait dunia web3, terutama mengenai NFT. 

Karakter Kogi NFT

Karakter utama bernama Kogi yang berasal dari The Summit yang berada di luar angkasa, ini memudahkan untuk mendekatkan diri dengan target anak-anak dan remaja. Kogi adalah teman belajar yang menyenangkan dan siap menemani para generasi muda dalam memahami teknologi web3. 

Hal ini selaras dengan sifat Kogi, yaitu seseorang tidak pernah berhenti belajar karena selalu ada hal baru yang bisa dipelajari. Maka dari itu, Kogi percaya bahwa belajar dan usaha adalah kunci untuk lebih maju. 

Misi Kogi untuk menjadi teman belajar bagi generasi muda dalam menjelajahi dan memahami dunia teknologi web3 di Bumi melalui kreativitas, inovasi, dan kegembiraan. Dukungan dari berbagai pihak telah hadir, terutama para seniman dan komunitas yang bergerak di dunia web3 khususnya NFT. Terdapat 31 seniman telah bergabung pada kampanye #SayItWithColour.

Karya seni para seniman tersebut dapat dilihat melalui Twitter dan Instagram (@kogi_nft). Di mana mereka sudah mengkreasikan Kogi dengan gaya dan ciri khas seninya masing-masing, dilengkapi dengan warna dan cerita imajinasi masa kecil yang memiliki makna mendalam.

Penulis: Ratna Ayu
Sumber: kompas dan grid.