Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

Kepolisian Australia Bentuk Unit Khusus Kejahatan Kripto

Kepolisian Australia

Kepolisian Australia atau Australian Federal Police (AFP) membentuk unit khusus untuk menangani kejahatan kripto. Data terbaru menunjukkan bahwa tren kejahatan kripto di dunia makin meningkat dan beragam.

Hal ini juga terjadi di Australia, dimana kasus penipuan kripto menjadi sedikit lebih sulit. Sehingga kepolisian Australia meluncurkan unit baru untuk menangani pencucian uang menggunakan mata uang kripto. Tujuan utama gugus tugas adalah untuk mengumpulkan wawasan tentang proses teknologi. Serta mendeteksi penjahat yang menggunakan aset digital dalam aktivitas mereka, seperti pencucian uang, dan membawa mereka ke pengadilan.

Stefan Jerga selaku kepala komando AFP unit pembekuan aset penjahat menyoroti bahwa, meningkatnya jumlah kejahatan kripto yang cepat telah mendorong otoritas untuk membentuk unit polisi khusus untuk kripto.

“Lingkungannya sedemikian rupa sehingga kami merasa tim yang berdiri sendiri [diperlukan], daripada banyak petugas mengambil beberapa keahlian ini sebagai bagian dari peran keseluruhan mereka. Jadi kami sekarang punya tim khusus yang terus berkembang,” tutur Jerga.

Kepolisian Australia Sedang Mempersiapkan Diri Untuk Mengatasi Kejahatan Kripto

Ian McCartney yang merupakan Wakil Komisaris Investigasi, menegaskan bahwa tenaga kerja telah bersiap untuk memerangi kejahatan kripto. Mereka melakukan pemahaman mendalam tentang aset digital yang baru lahir.

“Lingkungan kriminal saat ini sangat kompleks dan membutuhkan respons yang cepat dan luas dari penegak hukum. Strategi ini memberikan dampak maksimal pada lingkungan kriminal, dibenci oleh kejahatan terorganisir,” ungkap Ian McCartney.

Pada bulan Agustus lalu, Otoritas Keuangan Australia dan Kementerian Layanan Keuangan meluncurkan program penelitian bersama tentang mata uang kripto. Pemerintah meningkatkan langkah ini setelah mempertimbangkan minat lokal, bisnis dalam mata uang kripto dan perkembangan di masa depan.

Penelitian ini berjudul “Program Penelitian Koperasi Digital” akan mengeksplorasi wawasan ke dalam industri untuk mempersiapkan negara untuk perkembangan digital di masa depan dan mengamankan pengguna dari kerentanan.

Saat ini, penyedia layanan mata uang kripto seperti bursa bertanggung jawab untuk mengirimkan laporan tentang node yang dicurigai dalam jaringan.

Penulis: Ratna Ayu
Sumber: beincrypto, bitcoinist, dan cryptopotato.