Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

Inovasi Cardano Dalam Upaya Pengembangan Ekosistem

Cardano (ADA) melakukan inovasi dengan mengembangkan ekosistemnya di sistem pembayaran. Perusahaan tersebut bekerjasama dengan Odoo yang merupakan produk ERP dan software CRM yang mempunyai lebih dari 7 juta pengguna bisnis. Dengan adanya ADA pay plug-in, pengguna Odoo saat ini sudah bisa melakukan metode pembayaran menggunakan token ADA.

ADA pay plug-in adalah plug-in pembayaran yang diciptakan oleh Cardano. Plug-in pembayaran tersebut dikembangkan oleh expertise AI (Artificial Intelligience) dan SSI (Server Slide Includes) asal Argentina yaitu Rodolfo Miranda. Ia juga merupakan pemenang kompetisi Cardano’s Project Catalyst yang bekerja sama dengan COTI (salah satu platform pembayaran terdesentralis).

Sistem plug-in pembayaran yang digunakan oleh Cardano dinamai dengan ADA Pay Gateway Solution. ADA Pay Gateway Solution adalah gateway pembayaran berbasis perangkat lunak yang diintegrasikan ke dalam platform bisnis. Hal tersebut memungkinkan bisnis untuk menerima penyelesaian pembayaran menggunakan ADA dan langsung dari klien.

Cardano dan Catalyst meluncurkan inisiatif Project Catalyst sebagai sarana untuk mendorong inovasi untuk pengembangan lebih lanjut dalam ekosistem Cardano. Tidak tanggung-tanggung, Cardano menyisihkan Dana 1 miliar USD untuk proyek tersebut.

Salah Satu Upaya Cardano dalam Inovasi Teknologi

Sebagai bagian dari proyek, pada bulan Maret, COTI meminta tim pengembangan yang tertarik untuk mengambil bagian dalam tantangan inovasi. Tantangan tersebut menuntut mereka untuk mengembangkan plugin ADA Pay yang dapat diintegrasikan ke dalam platform e-commerce.

Sekitar bulan Mei, tim Carl Henry Global berhasil mengembangkan plugin ADA Pay yang terintegrasi pada 8 platform e-commerce yang berbeda. Beberapa diantaranya termasuk WordPress, Joomla, dan WooCommerce.

Inisiatif tersebut menjadi satu langkah yang diambil Cardano untuk ekspansi. Ekosistem Cardan yang tampaknya terus berjalan meskipun kondisi pasar kripto yang sedang memburuk. Meskipun demikian, banyak perusahaan melakukan langkah-langkah pengembangan saat hiatus.

Selain itu, hard fork Vasil Cardano yang diharapkan diluncurkan di mainnet bulan ini baru saja berhasil melewati testnet. Hard fork dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja blockchain Cardano dan skalabilitas keseluruhan. Sama seperti ‘The Merge’ dari Ethereum, komunitas kripto mengantisipasi peningkatan Vasil.

Penulis: Rio Rey
Dilansir dari zycrypto dan beberapa sumber lain