Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

Industri Metaverse Indonesia Mulai Tancap Gas

Industri Metaverse Indonesia

Industri metaverse dinilai potensial dan akan mengalami perkembangan yang semakin cepat ke depannya. Hal ini didukung dengan pernyataan dari Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate yang mengakui perkembangan pesat industri metaverse. Dia mengatakan Indonesia tak boleh ketinggalan menangkap peluang ekonomi digital ini.

“Metaverse berkembang pesat. Pada saat kita menyiapkan 4G dan 5G di saat itu akan tumbuh dan berkembang sangat besar. Kita harus mengambil inisiatif. Pemerintah punya komitmen,”

ujar Johnny G Plate di sela acara World Economic Forum 2022 di Davos

WIR Group yang merupakan salah satu pioneer pengembangan industri metaverse khususnya di Indonesia. Hal ini dibuktikan oleh perusahaan tersebut melalui kolaborasi dengan salah satu klinik kecantikan yaitu Benings Indonesia. WIR Group dan Benings akan berkolaborasi untuk menghadirkan layanan kecantikan di metaverse.

Kolaborasi ini dilandasi karena Benings Indonesia menyadari adanya potensi trickle down effect jika perusahan ini dapat membuka pasar yang lebih luas.

Selain dapat membantu lebih dari 10,000 mitra Benings Indonesia lainnya dalam memperoleh keuntungan, dengan terjun di dunia metaverse maka akan tercipta kinerja layanan yang lebih cepat. Hal tersebut diharapkan dapat memberi dampak positif bagi perekonomian Indonesia di era digital tanpa batas.

Dokter Oky Pratama, Dipl, AAAM, CEO Benings Indonesia menjelaskan, kolaborasi dengan WIR Group sehubungan metaverse akan menjadi wahana baru bagi Benings Indonesia. Kolaborasi ini, diharapkan dapat memberikan pengalaman yang menarik dalam menikmati berbagai layanan serta produk skin care dan kecantikan yang terbaik.

Peran Pemerintah Di Industri Metaverse

Selain itu WIR Group akan menjadi mitra kolaborasi Kementerian Kominfo dan berpartisipasi dalam puncak acara G20 di Bali November nanti. Perusahaan tersebut ditugaskan untuk menunjukkan masa depan metaverse di Tanah Air dan menunjukkan kemampuan talenta digital Indonesia di mata dunia.

Proyek metaverse ini digadang-gadang akan membawa kearifan lokal Indonesia dan akan ditampilkan pada presidensi G20 nanti. 

JH Philip Gobang, Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika menjelaskan bahwa ditengah momen transformasi digital, kedaulatan digital ditandai dengan pemanfaatan kecerdasan buatan (AI), Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR) yang aksesnya merata bagi semua masyarakat di Indonesia.

Pengenalan metaverse buatan anak bangsa kepada khalayak internasional menjadi cara untuk menunjukkan komitmen kuat Indonesia dalam pengembangan teknologi digital. Dengan demikian, Indonesia diharapkan mampu untuk bersaing dengan negara-negara lain melalui industri digital.

Source: https://www.tvonenews.com/berita/nasional/46847-pengembangan-metaverse-wujud-dukungkan-kedaulatan-digital-indonesia?page=1 , https://pressrelease.kontan.co.id/news/kolaborasi-wir-group-benings-indonesia-hadirkan-layanan-kecantikan-di-metaverse