Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

Gandeng Megabank, Jepang Uji Mata Uang Digital

Bank Jepang mulai eksplorasi mata uang digital, dengan bekerja sama dengan megabank dan bank regional, laporan dari Nikkei pada Rabu(23/11).

Bank sentral Jepang akan mulai eksplorasi dengan pemain keuangan utama di negara itu. Bekerja sama dengan tiga megabank serta bank regional di negara Asia, uji coba yen digital akan mulai dilakukan pada musim semi 2023. Meskipun laporan tersebut tidak menyebutkan nama bank, namun sudah dapat dipastikan. Tiga megabank Jepang biasanya mengacu pada Mitsubishi UFJ Financial Group Inc., Sumitomo Mitsui Financial Group Inc., dan Mizuho Financial Group Inc.

Bank of Japan (BoJ) akan mengeksplorasi bagaimana setoran dan penarikan dapat bekerja dengan yen digital. Menggandeng bank swasta dan organisasi lain, BoJ akan mengidentifikasi berbagai masalah yang muncul dari transaksi itu. Mereka juga akan memeriksa apakah mata uang digital bank sentral (CBDC) dapat beroperasi selama bencana alam dan di area tanpa akses internet. 

Bank sentral akan memutuskan untuk mengeluarkan yen digital pada tahun 2026. Hal itu mencerminkan keseriusan Jepang pada mata uang digital. Sebelumnya pada tahun lalu, Bank of Japan (BoJ) bergabung dengan daftar bank sentral di seluruh dunia yang mengeksplorasi CBDC. Dengan mengembangkan lingkungan pengujian untuk yen digital dan menjelajahi fungsi dasar seperti penerbitan, distribusi, dan penebusan dari yen digital.

Seorang pejabat BoJ mengatakan, bahwa prioritas bank sentral adalah memastikan CBDC. Sehingga memungkinkan untuk persaingan antara penyedia pembayaran swasta dan dapat diakses secara universal oleh publik.

Tentang CBDC

Central Bank Digital Currency (CBDC) merupakan versi digital mata uang fiat suatu negara. Seperti dolar AS atau euro yang didukung oleh bank sentral. CBDC adalah aset digital, tetapi berbeda dari Bitcoin, Ethereum, atau Dogecoin. 

Bitcoin dan mata uang kripto lainnya memiliki sistem terdesentralisasi, yaitu transaksi dipelihara dan diperiksa oleh jaringan validator terdistribusi. Sedangkan CBDC yaitu sebaliknya, memiliki sistem terpusat dengan kekuatan pusat pemerintah atau bank sentral mengendalikannya. 

Berbagai negara di seluruh dunia meneliti dan merilis CBDC dalam tahap yang berbeda. Seperti China yang lebih dulu di depan sebagai permainan beberapa warga dapat membelanjakan yuan digital. Sementara itu, Bahama meluncurkan CBDC sendiri pada tahun 2020.

Penulis: ryeosuk22
Dikutip dari Decrypt, Coindesk, dan sumber lainya