Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

FTX Lakukan Penyelamatan Dari Ancaman Bangkrut

FTX Bangkrut

FTX yang merupakan salah satu perusahaan pertukaran kripto terbesar alami krisis likuiditas dan terancam bangkrut. Ancaman tersebut disebabkan setelah terjadi lonjakan penarikan yang dilakukan oleh penggunanya.

Hal tersebut tersebut tentunya menyebabkan industri aset digital terguncang. CEO dari FTX yaitu Sam Bankman-Fried mengambil langkah penyelamatan dari ancaman bangkrut dengan meminta bantuan atau menjalin kerja sama dengan pesaingnya yaitu Binance.

Kepala eksekutif Binance Changpeng “CZ” Zhao melalui akun Twitternya mengatakan bahwa FTX telah “meminta bantuan kami”. CZ juga menambahkan “Ada krisis likuiditas yang signifikan”. Binance telah menandatangani letter of intent untuk membeli FTX. Namun pihak Binance juga memiliki kebijaksanaan untuk menarik diri dari kesepakatan kapan saja.

FTX mencapai nilai kapital sebesar 32 milyar USD pada awal tahun ini. Dana tersebut didapat melalui investor blue-chip termasuk BlackRock dan SoftBank mendukung perusahaan tersebut.

Dalam industri yang disebut wild west oleh regulator top Wall Street, FTX secara luas dianggap sebagai salah satu pemain yang dikelola dengan lebih baik. Hal itu dikarenakan FTX dengan pendirinya Bankman-Fried yang secara teratur melobi anggota parlemen di Washington untuk regulasi-regulasinya.

Kesepakatan kerja sama antara FTX dan Binance tersebut dapat dikatakan sebagai akhir dari persaingan antara kedua raksasa pertukaran kripto dunia. Masalah FTX dipercepat selama akhir pekan ketika Binance mengatakan akan melepas kepemilikan token FTT FTX. Hal tersebut merupakan kekhawatiran atas stabilitas keuangan bursa dan membuat harga token jatuh.

Pengaruh Kondisi Industri Kripto Terhadap Ancaman Bangkrut FTX

Industri kripto telah berjuang selama setahun terakhir, terutama sejak kegagalan token terra dan luna pada bulan Mei. Harga Bitcoin dan Ethereum jatuh serta beberapa perusahaan besar telah runtuh, termasuk pemberi pinjaman Celsius Network dan hedge fund Three Arrows Capital.

Kesepakatan penyelamatan juga merupakan kemunduran besar bagi Bankman-Fried yang telah lama dipandang sebagai sosok yang relatif stabil dan ambisius di dunia kripto yang sering goyah.

Setelah runtuhnya pasar kripto tahun ini, Ia mendapatkan reputasi sebagai penyelamat industri setelah membantu perusahaan yang gagal. Pada bulan Juni, kepala FTX mengumumkan pinjaman 250 juta USD untuk pemberi pinjaman kripto yang sakit yaitu BlockFi.

Pinjaman tersebut merupakan bantuan lebih lanjut untuk broker kripto Voyager Digital yang diselamatkan oleh pinjaman FTX senilai sekitar 485 juta USD dalam bentuk tunai dan Bitcoin.

Penulis: Rio Rey
Dilansir dari reuters, coindesk dan beberapa sumber lain.