Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

Fakta Rumor Kebangkrutan Kripto Trading Genesis

Tersebar rumor pialang aset digital Genesis telah menghadapi kebangkrutan, lalu bagaimana dampaknya terhadap pasar kripto berikut faktanya.

Beberapa hari setelah unit peminjamannya terpaksa menghentikan penarikan, Genesis telah menyebutkan kebangkrutan sebagai opsi potensial. Hal tersebut dikarenakan upaya perusahaan dalam penggalangan dana telah sia-sia. Laporan dari Bloomberg yang mengutip orang-orang yang mengetahui masalah tersebut.

Genesis Global Trading adalah perusahaan pinjaman kripto dan servis lainnya seperti trading spot, derivatif, dan OTC yang dimiliki oleh perusahaan venture capital asal Connecticut, Digital Currency Group (DCG). Meluncurkan perdagangan bitcoin over-the-counter pertama pada tahun 2013, Genesis menjadi salah satu pemberi pinjaman kripto terbesar di industri. Dengan total pinjaman aktif mencapai $3 miliar pada akhir kuartal tiga tahun 2022.

Namun setelah bencana runtuhnya FTX, perusahaan menghadapi permintaan penarikan yang tidak normal dan melakukan bailout sekitar $1 miliar minggu lalu. Genesis sendiri diketahui memiliki paparan ke FTX sebesar $175 juta setara dengan 2,7 triliun Rupiah. Perusahaan pialang itu menyatakan bahwa permintaan penarikan telah melebihi likuiditasnya.

The Wall Street Journal, juga melaporkan bahwa Genesis tengah melakukan serangkaian cara untuk mengatasi krisis likuiditasnya. Dilaporkan perusahaan tengah mencari dana dari berbagai sumber seperti Binance dan Apollo Global Management. Namun Binance menolak untuk berinvestasi, dengan alasan potensi konflik kepentingan.

Jika Genesis gagal dalam melakukan penggalangan dana maka kemungkinan besar perusahaan akan menghadapi kebangkrutanya. Apabila skenario itu benar terjadi efek yang diakibatkan bisa lebih dahsyat daripada FTX. Sebab Genesis berafiliasi langsung dengan beberapa institusi besar kripto diseluruh dunia.

Afiliasi Genesis

  • Gemini Exchange, dengan produknya Earn Program, yang memberikan pengguna passive income dengan meminjamkan kripto berafiliasi dengan Genesis. Setiap kripto yang disetorkan pengguna untuk Earn Program akan disetorkan ke Genesis dan imbal hasil diberikan Genesis melalui Gemini yang kemudian didistribusikan ke pengguna.
    Pada 16 November 2022, Genesis mengumumkan menghentikan semua pinjaman baru dan penarikan dana pengguna dengan alasan kondisi pasar yang buruk.
  • Alameda Research menjadi salah satu peminjam terbesar Genesis menurut informan yang melaporkan pada Reuters. Selain itu, Genesis dalam 3 bulan terakhir memperoleh token FTT senilai $1 miliar dari Alameda Research.
  • 3 Arrow Capital (3AC) mengambil pinjaman sebesar $2,36 miliar dari Genesis dalam bentuk Grayscale Bitcoin Trust (GBTC), Grayscale Ethereum Trust (GETH), Avalanche (AVAX), dan Near (NEAR). Setelah 3AC menyatakan bangkrut, proses pembayaran utang 3AC kepada Genesis diurus melalui American Arbitration Association (AAA).

Bagaimana Jika Genesis Bangkrut? 

Jika perusahaan global Genesis bangkrut, akan ada banyak bursa kripto dan dana lindung nilai lainnya yang akan terdampak. Meski saat ini nama-nama yang berafiliasi dengan Genesis belum diketahui. Bahkan di situs Genesis juga tidak ditemukan perusahaan apa saja yang melakukan kerja sama. Investor besar atau whale kripto memilih untuk memberikan dana mereka langsung ke Genesis untuk mendapatkan hasil serta layanan kustodian.

Jika Genesis tidak dapat mengembalikan kripto mereka, banyak pemberi pinjaman di seluruh dunia berpotensi kehilangan aset mereka. Saat ini belum diketahui nilai yang dikelola oleh Genesis. Jika melihat baru-baru ini perusahaan sangat memerlukan bantuan sebesar $1 miliar berarti setidaknya ada $1 miliar dana yang semestinya dapat di withdraw oleh pengguna. Jumlah tersebut bisa dibilang sebanding dengan dana yang hilang karena kejadian FTX. Hanya saja perbedaan antara keduanya adalah distribusi dana yang hilang.

FTX lebih terdistribusi karena dana yang hilang sebagian berasal dari pengguna individu. Sementara pada Genesis, entitas pemilik dana lebih terkonsentrasi pada institusi atau perusahaan sebab terdapat batas minimum dana untuk meminjamkan kripto kepada Genesis.

Jadi jika Genesis bangkrut, yang terkena dampaknya lebih kepada institusi dan perusahaan dan bukan ke ritel seperti FTX. Sehingga diprediksikan efeknya lebih parah dan panjang daripada FTX.

Penulis: ryeosuk22
Dikutip dari DecryptCoinvestasi, WSJ dan sumber lainya