Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

ECB: Euro Digital Bebas Akses Namun Terbatas

Euro Digital ECB
ECB: Euro Digital Bebas Akses Namun Terbatas

European Central Bank (ECB) menyatakan, Euro Digital akan bebas untuk digunakan dan dapat diakses oleh semua orang. Namun, pembuat undang-undang akan memutuskan informasi pribadi pengguna yang dapat diakses oleh bank.

Euro Digital adalah mata uang digital yang dikembangkan oleh European Central Bank (ECB) yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan inklusi keuangan di Uni Eropa. Selain hal tersebut, latar belakang dari pembuatan Euro Digital adalah perilaku pembayaran tunai masyarakat Eropa selama 3 tahun belakangan yang mengalami penurunan dari 72% menjadi 59%.

Euro Digital ECB
Sumber: Study on the payment attitudes of consumers in the euro area (SPACE).

Namun di sisi lain pihak bank khawatir bahwa mata uang digital akan membuat layanan mereka sendiri mubazir. Bank berpikir, pelanggan akan mengabaikannya dan memindahkan uang tunai mereka ke uang bank sentral karena keamanan tambahan.

Fabio Panetta selaku Anggota Dewan Eksekutif, Bank Sentral Eropa mengatakan ECB tidak akan menawarkan rekening kepada warga negara dan tidak akan membiarkan orang melakukan pembayaran rutin terprogram untuk menutupi transaksi seperti tagihan atau sewa.

“Kami percaya perantara yang diawasi, yang berhubungan langsung dengan pengguna, adalah tempat terbaik untuk mengidentifikasi kasus penggunaan pembayaran bersyarat dan layanan pembayaran lanjutan lainnya.”

Fabio Panetta

Rencananya ECB akan mengembangkan aplikasi mandiri untuk pembayaran atau memungkinkan bank komersial untuk mengintegrasikan Euro Digital ke dalam platform mereka sendiri. Namun, aplikasi tersebut hanya akan menyertakan fungsi pembayaran dasar dan memastikan bahwa dapat digunakan di mana saja di kawasan Eropa.

“ECB tidak akan membatasi di mana, kapan, atau kepada siapa orang dapat membayar dengan Euro Digital.”

Fabio Panetta

Masalah mengenai privasi dan kerahasiaan, Panetta mengatakan ECB bertujuan untuk tidak memiliki akses ke data pribadi. Namun masalah lain masih menjadi perhatian mengingat kekhawatiran tentang pencucian uang, pendanaan terorisme, dan penghindaran pajak, sehingga legislator mencari opsi untuk mengawasi penggunaannya.

Pengembangan Euro Digital

EBC akan melanjutkan fase investigasi pada tahun 2023 dan secara teratur melibatkan Komite dalam pekerjaan tersebut. Bersama dengan Komisi Eropa, EBC masih menganalisis kemungkinan model kompensasi untuk Euro Digital. Secara paralel, EBC meninjau semua opsi desain untuk menyatukannya dalam desain tingkat tinggi untuk Euro Digital pada musim semi nanti.

Saat ini pengembang juga sedang menyelesaikan pembuatan prototipe Euro Digital. Dengan mencari masukan dari pasar, ECB ingin mendapatkan ikhtisar opsi untuk desain teknis komponen dan layanan Euro Digital yang memungkinkan.

Euro Digital ECB
Sumber: European Central Bank

Proyek Euro Digital adalah inisiatif yang nyata dari Eropa. ECB mengatakan bahwa ini bukan hanya proyek teknis, ini memiliki dimensi politik yang jelas mengingat implikasi sosialnya yang luas. Oleh karena itu, semua pembuat kebijakan Eropa harus memainkan peran mereka, mengingat peran dan mandat dari masing-masing. Sampai saat ini ECB terus bekerja untuk mencari dukungan luas dari warga Eropa.

Penulis: Rio Rey
Dilansir dari Reuters, European Central Bank dan beberapa sumber lain.