Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

DBS BetterWorld, Metaverse DBS x The Sandbox

DBS BetterWorld
DBS BetterWorld
Sumber: dbs.

DBS BetterWorld merupakan proyek metaverse DBS dengan The Sandbox yang baru diumumkan pada Jumat (9/9). Nampaknya DBS makin memperluas bisnisnya di bidang blockchain. Awal September ini, mereka mengumumkan ingin menawarkan layanan seperti pertukaran digital bank pada kliennya di seluruh Asia. 

Tujuan DBS BetterWorld untuk menciptakan sebuah pengalaman metaverse interaktif yang menunjukkan pentingnya membangun dunia lebih baik, lebih berkelanjutan, dan mengundang orang lain untuk berpartisipasi.

Kemitraan ini menjadikan DBS sebagai perusahaan Singapura pertama yang menjalin kerja sama dengan The Sandbox. Selain itu bank DBS menjadi bank pertama di Singapura yang terjun ke metaverse. Ini juga menandai perjalanan DBS mengeksplorasi potensi peluang Web 3.0 untuk memberi manfaat bagi pelanggan dan komunitas yang lebih luas.

“Teknologi metaverse, meskipun masih berkembang, juga secara mendasar dapat mengubah cara bank berinteraksi dengan pelanggan dan komunitas.”

Piyush Gupta, CEO DBS.

Sebastian Paredes yang merupakan CEO DBS Hong Kong mengatakan bahwa, “Metaverse menghadirkan peluang menarik. Hal ini mendefinisikan kembali bagaimana kita hidup, bekerja, dan terlibat satu sama lain. Selain itu dapat berkontribusi pada upaya berkelanjutan kami untuk mempersiapkan generasi berikutnya. Pemimpin DBS yang akan datang dapat memanfaatkan teknologi baru dan yang sedang berkembang untuk mengantarkan masa depan perbankan.”

Selaras dengan Paredes, Sebastien Borget selaku COO dan Co-Founder The Sandbox menuturkan, “Kami menyambut DBS ke The Sandbox sebagai bank pertama di Singapura yang masuk ke metaverse. Dan tergabung dengan upaya kami untuk menciptakan SingaporeVerse. Sebuah lingkungan di peta virtual kami yang akan menghidupkan budaya Singapura di metaverse. Melalui cara yang sangat menarik, adil, inklusif yang terbuka untuk semua. “

Bentuk DBS BetterWorld

DBS akan mengakuisisi sebidang tanah 3×3 pada unit real estate virtual di metaverse The Sandbox yang akan dikembangkan dengan elemen imersif. Selain itu, kemitraan berupa pembelian karbon offset sehingga lahan dan produksi di DBS BetterWorld akan netral karbon.

Pada BetterWorld, pengunjung dapat mempelajari lebih lanjut tentang masalah Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (LST) yang berlaku. Misalnya, DBS akan menggunakan platform tersebut untuk membuat profil wirausahawan sosial di Asia yang telah memberikan dampak positif melalui model bisnis yang inovatif.

DBS juga akan menjajaki peluang untuk menampilkan DBS BetterWorld dengan LiveBetter, sebuah platform digital yang diluncurkan DBS pada Oktober 2021. Tujuannya untuk mendorong kehidupan yang lebih sadar lingkungan di antara para pelanggannya.

Melalui LiveBetter, nasabah bank dapat dengan mudah mengakses seperangkat alat untuk membantu membuat perubahan menuju cara hidup yang lebih berkelanjutan. Termasuk tips ramah lingkungan yang praktis, serta peluang dana investasi bertema keberlanjutan. Terlebih untuk menemukan peluang perubahan hidup mereka berikutnya di metaverse.

Penulis: Ratna Ayu
Sumber: dbs dan coinstats.