Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

Cryptocurrency Masih Menjadi Kelas Aset Berkinerja Terbaik Dunia Tahun Ini

cryptocurrency

Dari tahun ke tahun sampai hitungan akhir dekade cryptocurrency sekali lagi mengungguli kelas aset utama lainnya.

Meskipun sempat turun secara signifikan saat diperdagangkan dari rekor tertinggi mereka pada akhir Desember 2017, cryptocurrency dengan kapitalisasi besar memiliki tahun yang fenomenal dan tetap menjadi salah satu kisah sukses investasi terbesar dalam sepuluh tahun ini.

Mengukuhkan diri sebagai kelas aset terkemuka dunia untuk kinerja tahunan, cryptocurrency telah meningkat jauh di atas pengembalian tahunan dari ekuitas, komoditas, dan pasar obligasi AS untuk 2019.

Ryan Alfred, Presiden dan salah satu pendiri Digital Assets Data mengatakan, aset crypto dari perusahaan dengan kapitalisasi besar (lebih dari 10 milyar dollar) memiliki pengembalian yang jauh lebih tinggi dibandingkan pasar tradisional untuk tahun ini.

“Melihat kembali kinerja perusahaan pemilik aset kripto yang masuk sepuluh besar (Bitwise 10) dibandingkan dengan kelas aset utama lainnya, kita dapat melihat tanda pergerakan khusus mereka,” kata Alfred.

Cryptocurrency versus aset tradisional

Seperti yang terlihat pada grafik di atas, penelitian yang diberikan oleh Digital Assets Data menunjukkan bagaimana kinerja tahun ini dari 10 kripto teratas berdasarkan kapitalisasi pasar berdampak terhadap kelas aset utama lainnya seperti emas, minyak dan ekuitas.

Tentu saja, 2019 tidak dimulai dengan cara itu. Kembali pada bulan Februari, 10 kripto teratas mulai berjalan cukup suram, berada jauh di bawah semua kelas aset tradisional lainnya ketika melihat laba atas angka investasi. Namun, sentimen mulai meningkat secara signifikan pada bulan Maret dan pada pertengahan tahun, cryptocurrency jauh di depan mengungguli aset lainnya.

Kesenjangan itu mulai menyempit ketika saham, obligasi, dan komoditas mulai meningkatkan performa mereka. Namun cryptocurrency tetap jauh di depan semua kelas aset lainnya ketika tahun ini hampir berakhir.

Banyak dari reli ini adalah milik bitcoin (BTC). Cryptocurrency pertama di dunia saat ini naik 100 persen sejak tahun dimulai. Sementara itu, Ether, crypto terbesar kedua di dunia naik 35 persen tahun ini, meskipun XRP turun 25 persen dari posisi ia diperdagangkan pada 1 Januari.

Gambaran besar: Kisah sukses kripto

Sebelum 10 Tahun lalu, dunia berada dalam pergolakan krisis keuangan. Sejak itu, saham telah rebound. Dari posisi terendah pasar pada Maret 2009 hingga sekarang, S&P 500 telah mendapatkan kenaikan 369% yang bisa diacungi jempol. Demikian pula, Dow Jones Industrial Average juga telah menjalankan secara baik, sehingga bisa naik 326% dalam periode waktu yang sama.

Namun, BTC telah menjawab angka-angka itu, dia naik jauh di atas 12 juta persen (ya, Anda membacanya dengan benar) selama jangka waktu satu tahun yang lebih pendek, mulai Maret 2010. Saat itulah harga 1 BTC sekitar $ 0,05, data diambil dari Messari.

Keberhasilan Crypto kemungkinan dapat dikaitkan dengan karakteristik yang paling menentukan: volatilitas tinggi dan likuiditas, memungkinkan pelaku pasar untuk dengan cepat dan mudah berdagang antara mata uang digital dan fiat.

Lorenzo Pellegrino, CEO Skrill, platform pembayaran lintas batas yang memanfaatkan crypto, mengatakan aset digital menyerupai pasar yang baru lahir. Harga yang memantul dalam cara yang panik memungkinkan kelas aset mengungguli semua yang lain berdasarkan pada sentimen tidak rasional dan rendahnya hambatan untuk masuk.

“Saat kripto mulai matang, kita harus mulai melihat peningkatan stabilitas dan fundamental inti akan menjadi lebih jelas,” kata Pellegrino.

2 thoughts on “Cryptocurrency Masih Menjadi Kelas Aset Berkinerja Terbaik Dunia Tahun Ini”

Comments are closed.