Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

Celsius (CEL) menunda semua penarikan. Apakah akan bangkrut?

Di tengah kondisi pasar kripto yang jatuh, Celsius mengumumkan bahwa mereka menunda semua penarikan pada platform pinjamannya. Dengan alasan kondisi pasar yang ekstrem dan kebutuhan untuk menstabilkan likuiditas.

Apa itu Celsius Network?

Celsius Network adalah platform pinjaman keuangan terdesentralisasi (DeFi) dan termasuk perusahaan cryptocurrency besar. Menurut PitchBook, Celsius Network didukung modal ventura senilai $ 4,1 miliar setelah putaran pendanaan Seri B terbaru pada November 2021. Namun menurut CoinMarketCap, sejak November total pasar crypto telah kehilangan lebih dari 60% dari total nilai. Artinya kehilangan $1,6 triliun dalam kapitalisasi pasar.

Menurut Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC), Celsius menawarkan kepada pelanggan keuntungan hasil tahunan sebesar 17% untuk deposito. Proposisi yang mengejutkan dibandingkan dengan bank konvensional rata-rata di Amerika Serikat yang saat ini menawarkan keuntungan hasil tahunan 0,07% untuk rekening tabungan.

Pemberi pinjaman kripto seperti Celsius tidak diatur seperti bank konvensional dan tidak memiliki perlindungan dasar. Seperti asuransi simpanan yang telah menjadi pokok peraturan perbankan di Amerika Serikat.

Penyebab masalah utama

Token CEL Celsius terjun bebas setelah mengumumkan di twitter bahwa mereka menangguhkan penarikan pada 13 Juni 2021. Diikuti oleh pasar crypto lainnya meskipun dengan kerugian yang lebih kecil.

Penyebab jangka pendek dari masalah Celsius sepertinya disebabkan oleh Lido’s Staked Ether (stETH). stETH adalah sebuah token yang ditetapkan ke ETH Ethereum. stETH mewakili ETH yang terkunci pada rantai suar Ethereum 2.0. Rantai yang berjalan paralel dengan blockchain Ethereum utama. Pada akhirnya akan bergabung dengan mainnet Ethereum atau bisa disebut penggabungan. Kemudian mentransisikan jaringan dari mekanisme konsensus bukti kerja ke bukti taruhan.

Pada platform DeFi, stETH sering digunakan sebagai jaminan untuk meminjam ETH. Masalahnya, baru-baru ini stETH kehilangan kendali terhadap ETH. Dengan penjualan pemegang saham dan tanggal penggabungan yang terperosok dalam ketidakpastian, sekarang ada tekanan jual yang besar pada stETH.

Jadi apa hubungannya dengan Celcius? Platform DeFi telah mengunci dana pelanggan ke dalam stETH, dan kelemahan stETH dapat memicu gelombang penebusan, memicu krisis likuiditas.