Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

Brasil Menetapkan Kripto sebagai Metode Pembayaran

Brasil Menetapkan Kripto

Badan Legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Brasil telah menetapkan Rancangan Undang-undang (RUU) yang mengatur tentang mata uang kripto pada Selasa (29/11). RUU tersebut menetapkan mata uang kripto akan ditetapkan sebagai salah satu metode pembayaran di negara tersebut.

Sebelumnya, El Salvador telah lebih dulu menetapkan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Walaupun beberapa kali Dewan Dana Moneter Internasional (IMF) menyarankan agar langkah tersebut dihentikan. Alasannya berkaitan dengan masalah keuangan, ekonomi, dan hukum.

Langkah tersebut juga akan diambil oleh Pemerintah Brasil walaupun tujuan penggunaan mata uang kripto sedikit berbeda dari El Salvador. Dewan Perwakilan Rakyat Brasil sudah menetapkan RUU tentang penggunaan mata uang kripto, selanjutnya menunggu disahkan oleh Presiden.

Pengesahan Rancangan Undang-undang (RUU) tersebut tidak bertujuan untuk menjadikan mata uang kripto sebagai alat pembayaran yang sah di dalam negeri. Namun, RUU tersebut akan memasukkan mata uang digital yang mendefinisikan tentang metode pembayaran. Selanjutnya, proses pembayaran tetap berada di bawah pengawasan bank sentral negara tersebut.

Pemerintah Brasil Atur Regulasi dan Dewan Pengawas Kripto

Setelah disahkan menjadi Undang-undang (UU), Lembaga Eksekutif Pemerintah akan menunjuk pihak yang membawahi pengawasan terhadap penggunaan mata uang kripto. Selain itu, mereka juga menetapkan token sebagai sekuritas, dan akan tetap berada di bawah yurisdiksi Komisi Sekuritas dan Bursa Brasil (CVM).

Di samping menetapkan kripto sebagai metode pembayaran, UU memungkinkan pembuatan lisensi untuk platform pertukaran kripto serta penyimpanan dan pengelolaan kripto oleh pihak ketiga. Di samping itu, UU akan mewajibkan bursa untuk membuat perbedaan yang jelas antara dana perusahaan dan pengguna. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari insiden lain seperti keruntuhan FTX.

Pada bulan Juni lalu, proposal serupa juga dikeluarkan untuk memungkinkan masyarakat Brasil menggunakan kripto sebagai alat pembayaran. Tidak hanya itu, bahkan dapat melindungi kunci pribadi mereka agar tidak diambil oleh pengadilan. Proposal tersebut bertujuan untuk menjadikan aset kripto sebagai sarana pertukaran dan instrumen akses ke barang, jasa, atau investasi.

Sementara itu, keruntuhan FTX sebetulnya telah memengaruhi banyak sektor yang berkaitan dengan kripto. Namun menurut CEO Transfero Group, Thiago César, hal itu tidak berdampak pada penggunaan kripto sehari-hari bagi masyarakat Brasil.

Penulis: Yossiandre
Dilansir dari beberapa sumber: Cointelegraph, Decrypt, dan beberapa sumber lainnya