Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

Italia Hoax Blockchain

Blockchain Menjadi Senjata Italia dalam Memerangi Berita Hoax COVID-19

Agenzia Nazionale Stampa Associata (ANSA), kantor berita utama Italia telah bergabung dengan Ernst & Young untuk mengembangkan sistem pelacakan berita hoax dan otentikasi berbasis blockchain.

Pentingnya memastikan informasi tepercaya selama pandemi COVID-19 menjadi sebuah kebutuhan yang tidak terhindari. Semakin banyaknya berita hoax merupakan ancaman langsung terhadap kehidupan dan kesehatan orang di seluruh dunia. Tidak terkecuali di Italia, yang saat ini menghadapi efek paling buruk dari negara eropa lain.

Selain untuk melacak adanya berita yang tidak benar, sistem pelacakan ini bertujuan untuk membangun kepercayaan antara perusahaan dan para pembacanya.

Sistem ini disebut ANSAcheck, sistem berbasis blockchain yang memungkinkan warga italia untuk memverifikasi asal dan sejarah berita hoax yang diterbitkan pada platform-nya, publikasi afiliasinya serta pihak ketiga seperti media sosial atau platform lain.

Sistem otentikasi berita ANSAcheck dibangun di atas solusi Pelacakan Es OpsChain yang didukung oleh blockchain kontrak pintar Ethereum.

Terlebih lagi, ANSA telah mengisyaratkan bahwa solusi ini juga akan memungkinkannya untuk dengan mudah melacak berita dan bagaimana berita itu digunakan oleh para mitranya.

Mengomentari peluncuran ANSAcheck, Stefano de Alessandri, CEO ANSA menyatakan dengan pasti bahwa pihak pihak yang berbahaya telah menyebarkan berita palsu kepada publik melalui platform ANSA dalam beberapa hari terakhir. Namun, dengan integrasi teknologi blockchain, ia dengan kuat percaya bahwa ancaman itu akan berhenti. Ia menyatakan :

“Kami telah menyaksikan penipuan penggunaan merek kami oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab. Mereka bertujuan untuk memberikan berita benar padahal berita itu tidak bisa dipertanggung jawabkan.

Mulai hari ini dan seterusnya, kita sekarang dapat melacak asal berita, juga dapat mendukung profesionalisme jurnalis kita. Ini adalah langkah penting dalam perang melawan berita palsu.”

Kece nih informasinya, cocok juga buat diterapkan di Indonesia. Pasti setuju kan?

Mau baca berita lain? yuk ke beranda Aliansi Koin! Kita lagi ngadain program edukasi nih bagi kalian yang ingin tahu lebih tentang blockchain dan cryptocurrency. klik disini ya!