Aliansi Koin

| EXPANDING BLOCKCHAIN TO NEW HORIZONS

Apple Memblokir Fitur NFT dari Coinbase

Apple memblokir

Apple memblokir rilis terbaru aplikasi Coinbase sebagai salah satu kebijakan terbarunya. Beberapa bulan ke belakang kebijakan Apple memang sering diprotes oleh perusahaan teknologi, salah satunya Twitter.

Kebijakan ini rupanya meluas dimana Apple telah memblokir rilis terbaru aplikasi Coinbase. Coinbase sendiri merupakan platform layanan jual beli mata uang kripto terbesar kedua di dunia versi Coin Market Cap.

Pada Kamis (1/12) melalui utas pada akun Twitter resminya Coinbase Wallet mengatakan bahwa pengguna iOS tidak dapat mengirim Non-fungible Token (NFT) dengan aplikasi mereka. Hal ini membuat Coinbase harus menonaktifkan fitur penting di aplikasi seluler Coinbase Wallet untuk iOS agar rilis aplikasi terakhir mereka disetujui oleh App Store Apple.

Coinbase: Apple Memblokir untuk Dapatkan 30% Biaya Gas Fee

Coinbase mengatakan bahwa Apple telah memblokir rilis terbaru aplikasinya dalam upaya untuk mendapatkan 30% dari biaya gas fee melalui pembelian dalam aplikasi. Mereka juga menambahkan, Apple ingin Coinbase menonaktifkan transaksi NFT.

Perusahaan raksasa dibidang teknologi tersebut ingin memperkenalkan kebijakan baru yang melindungi keuntungan mereka dengan mengorbankan investasi konsumen di NFT dan inovasi pengembang di seluruh ekosistem kripto. Bagi siapa pun yang memahami cara kerja NFT dan blockchain, ini jelas tidak mungkin. Sistem pembelian dalam aplikasi milik Apple tidak mendukung kripto sehingga Coinbase Wallet tidak dapat mematuhi meskipun telah mencobanya.

Keputusan tersebut tentu saja membingungkan Coinbase dan para penggunanya. Hingga Apple mengimplementasikan solusi pembayaran berbasis blockchain, aplikasi tersebut tetap dapat diblokir, serta membatasi kapasitas orang untuk bertransaksi dengan aset digital ini.

Coinbase mengecam keputusan Apple yang mengklaim sedang mencoba mengambil untung dari pengguna. Mereka juga menyamakan hal ini sama dengan Apple yang mencoba mengambil potongan biaya untuk setiap surat elektronik yang dikirim melalui protokol Internet terbuka.

Selain itu, keputusan tersebut dapat berdampak negatif terhadap kapasitas pengguna untuk menarik NFT dan aset digital mereka. Kemungkinan besar pengguna akan memblokir aset mereka di dompet mereka sampai keputusan berubah.

Coinbase Wallet mengatakan bahwa pengguna yang terpengaruh oleh keputusan tersebut yaitu pengguna yang memakai perangkat iPhone. Pengguna akan jauh lebih sulit untuk mentransfer NFT ke dompet lain atau memberikannya kepada teman atau keluarga.

Coinbase menambahkan bahwa pemblokiran tersebut mungkin merupakan kekeliruan dan meminta Apple untuk berkomunikasi dengan perusahaan tersebut atas masalah ini.

Penulis: Ratna Ayu
Sumber: bitcoinist, cryptoglobe, dan cointelegraph.